UMU Buton Jalin kerjasama 7 Desa di Kabupaten Buton


Warning: Undefined array key "file" in /home/u9054785/public_html/wp-includes/media.php on line 1734

Deprecated: preg_match(): Passing null to parameter #2 ($subject) of type string is deprecated in /home/u9054785/public_html/wp-includes/media.php on line 1734

UMU Online–Universitas Muslim Buton di usianya menjelang 4 tahun berdirinya terus membangun jejaring dan networking dalam rangka memperkuat kegiatan Tridarma perguruan Tinggi, kali ini UMU Buton memberikan perhatian khusus ke desa-desa wilayah kepulauan Buton yang nantinya akan menjadi desa-desa binaan UMU Buton dan terkhusus dalam rangka mendukung penyelenggaraan kegiatan Tridarma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Kegiatan Kerjasama UMU Buton bertajuk “Gerakan Desa Makmur Merata (Gersamata) untuk kampungku yang mandiri dan sejahtera. Dalam kerjasama ini melibatkan 4 Fakultas dilingkungan UMU Buton yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Administrasi Pemerintahan Desa dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMU Buton.

Keterlibatan 4 fakultas tersebut didasarkan atas Kondisi, Potensi, permasalahan dan tuntutan kegiatan pembangunan di 7 Desa tersebut yang umumnya masyarakat diketuju wilayah stersebut dominan bergerak di sektor pertanian dan peternakan.

Dekan Fakultas Pertanian, Aman tabiah SP,MP., mengatakan, program kerjasama ini bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi melalui interaksi langsung dengan masyarakat desa. “Hal ini dilakukan disamping dalam kaitannya dengan implementasi MBKM, juga terutama sebagai implementasi tridarma perguruan tinggi salah satunya Pegabdian Kepada Masyarakat, serta berkaitan dengan Mata Kuliah dalam lingkup 4 fakultas tersebut diatas,” katanya.

Aman Tabiah SP,MP., melanjutkan, rangkaian Desa Binaan UMU Buton 2023-2028 mencakup beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan secara berkesinambungan yakni Bimtek pembinaan masyarakat petani dan peternak, Bimtek atau Penyuluh pembangunan perekonomian pedesaan,dan Pembinaan lembaga-lembaga pedesaan terutama terkait pendalaman masalah-masalah perencanaan pembangunan pedesaan, managemen pembangunan pedesaan, disamping itu akan ditindak lanjuti dengan program Kandidat sarjana Mengabdi-belajar Bersama Masyarakat (KSM-BBM) UMU Buton setiap tahunnya. Kerjasama 7 Desa ini meliputih wilayah Kecamatan Siontapina dan Kecamatan Wolowa Kabupaten Buton.

Di samping itu, para perangkat desa turut menyambut baik dan mengapresiasi atas KSM-BBM UMU Buton 2023 terutama terlaksananya pemberdayaan masyarakat desa-desa di 2 Kecamatan wilayah kabupaten Buton tersebut.

Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan dosen dan mahasiswa di 4 fakultas UMU Buton untuk melakukan kegiatan Desa Binaan di 7 Desa kecamatan Siontapina dan Kecamatan Wolowa mengingat desa dikedua kecamatan ini memiliki potensi pertanian cukup besar namun belum dapat diolah secara maksimal sebagai sumber pendapatan dan mata pencaharian utama penduduknya,” ujar para kepala Desa diwilayah Kecamatan Siontapina dan Kecamatan Wolowa.

Sementara itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara UMU Buton dengan Pemerintah Desa di tujuh Desa yang disaksikan langsung oleh perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat di 7 wilayah Desa tersebut.

Kegiatan Desa Binaan UMU Buton 2023-2028 di Kapupaten Buton ini akan direalisakikan dalam Bentuk Bimtek dan Penyuluhan serta program aksi-aksi nyata dilapangan berdasarkan potensi dan permasalan penduduk setempat dengan melibatkan Dosen dan mahasiswa di 4 fakultas tersebut. (Humas UMU)

Penulis: Humas UMU Buton M. Firman Syah

Bagikan