Hari Ketiga dan Penutupan Pesantren Ramadhan UMU 1444h di Mesjid Baitul Hikmah


Warning: Undefined array key "file" in /home/u9054785/public_html/wp-includes/media.php on line 1723

Deprecated: preg_match(): Passing null to parameter #2 ($subject) of type string is deprecated in /home/u9054785/public_html/wp-includes/media.php on line 1723

UMU Online I Memasuki hari ketiga dan sekaligus penutup kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H, UMU Buton melaksanakan penutupan Kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya mulai tanggal 6 s.d 8 Maret 2023. Di Mesjid Baitul Hikmah Kompleks Kampus UMU Buton. Selama lebih kurang tiga hari pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan UMU Buton peserta Mahsiswa mendapatkan Materi tentang Nilai keislaman dan Keaswajan dari berbagai Materi mulai dari Moderasi Beragama, Pendidikan Penguatan Karakter dan berbuat baik kepada orang tua yang diisi oleh dosen-dosen pengampu Mata Kuliah Agama Islam Universitas Muslim Buton.


Di hari ketiga dan penutup kegiatan Pesantren Ramadhan UMU Buton ini, pelaksanaanya seperti biasa di awali sholat berjamah, pelaksanaannya selama lebih kurang tiga hari seluruh mahasiswa membaca Qur’an dipandu Dosen pengampu mata kuliah agama islam dan ceramah Agama/kajian nilai islam aswaja yang disampaikan oleh Ustaz Ansyar, M.Pdi, Ustaz Amsir, M.Pdi Selaku Ketua Lembaga Pengkajian Islam dan Aswaja serta Ustaz Jumaddin, M.Pdi .

Rektor UMU Buton, Dr.H. Sujiton sebelum menutup secara resmi pesantren ramadhan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesantren ramadhan akan menjadi salah satu agenda tahunan Universitas Muslim Buton. Ini langkah awal tentu disadari masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya namun tekad kita bersama terus kita tingkatkan kwalitas pelaksanaannya dan jumlah mahasiswa yang mengambil peran dalam kegiatan keagamaan seperti ini. Karena aktivitas-aktivitas keagamaan seperti ini terus kita dorong agar menjadi sesuatu kebutuhan dilingkungan civitas akademika UMU Buton sekaligus sebagai bagian implentasi kata kunci visi UMU Buton membentuk SDM yang berakhlakul Karimah.

Sebelum acara kegiatan ini berakhir Rektor UMU Buton berpesan kepada mahasiswa bahwa setelah mengikuti rangkaian pesantren ramadhan ini, hendaknya dapat mengilhami pribadi kita semua ditengah-tengah masyarakat sebagai pribadi-pribadi islam wathoniyah, islam basyariah, islam rahmatan lilalamin, sebagai pribadi yang menghargai perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Seperti yang telah disampaikan oleh ketua Panitia Kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H Kepala Lembaga Pengkajian Islam dan Aswaja UMU Buton bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berguna sebagai sarana untuk membentuk karakter mahasiwa yang Islami ditengah-tengah gempuran nilai-nilai budaya luar yang banyak tidak sesuai dengan budaya bangsa kita dan berpotensi menurunkan kwalitas keimanan kita, oleh sebab itu terus kita bentengi diri nilai-nilai keagamaan disamping kita menuntut ilmu pada keahlian prodi kita masing-masing. Ujar ketua Panitia Pelaksana Pesantren Ramadhan UMU Buton 1444H Ustaz Amsir, M.Pdi.

Penulis : Humas UMU Buton M. Firman Syah

Bagikan