Dosen FKIP Universitas Muslim Buton yakni PS Pendidikan Biologi Dan PS Pendidikan Geografi Melakukan Kolaborasi Melaksanakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Di Kawasan Pantai Nirwana Baubau

UMU ONLINE : Minggu 14 Mei 2023, Dosen FKIP Universitas Muslim Buton yakni Program Studi Pendidikan Biologi (Veni Rosnawati, S. Pd.,M.Pd) dan Program Studi Pendidikan Geografi (Azmin Mane, S. Pd.,M.Pd) melaksanakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) serta melibatkan mahasiswa di kawasan wisata pantai Nirwana Baubau. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara dosen FKIP untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi. PKM kali ini dengan tema “Meningkatkan Kepedulian Pengunjung Wisata Pantai Nirwana dalam Pentingnya Membuang Sampah pada Tempatnyanya”

Kegiatan ini dilatarbelakangi upaya dari kami untuk mengkampanyekan tentang pentingnya memelihara lingkungan hidup, salah satunya terkait Sampah yang berada di kawasan pantai Nirwana.  menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan bisa dimulai dengan pengelolaan sampah.

Masalah sampah sampai saat ini masih menjadi masalah krusial di Indonesia. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap bahwa salah satu faktor peningkatan volume sampah adalah perilaku masyarakat itu sendiri. Di mana membuang sampah sembarangan masih menjadi penyebab utama penumpukan sampah.

Dapat dilihat jelas sampah yang berserakan di kawasan pantai Nirwana, terdapat dua jenis sampah sampah anorganik dan organik. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah, botol, kertas, plastik mainan, dan gelas minuman. Sedangkan sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang biasa dijadikan pupuk kompos. Jenis sampah ini berlawanan dengan sampah anorganik karena sangat mudah membusuk. Beberapa contoh jenis sampah organik antara lain sisa makanan, sayuran, daun-daun, dan lain sebagainya.

Dari tumpuhkan sampah tersebut kami menyimpulkan masih banyak pengunjung kawasan wisata kurang sadar dan tidak peduli terhadap lingkungan, banyak dari pengunjung secara sadar meninggalkan sampah sembarangan dan tidak membuang sampah pada tempatnya.

Berdasarkan wawancara yang kami lakukan beberapa pengunjung kawasan pantai terkait sampah, merasa tidak nyaman dan risih dengan kondisi pantai dengan sampah yang berserakan

Setelah kegiatan PKM kami melanjutkan dengan kegiatan bakti sosial guna memberi contoh agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan khususnya kawasan pantai yang banyak di kunjungi wisatawan dan mempergunakan tempat sampah yang disediakan oleh pengelola pantai.

Oleh Veni Rosnawati, S. Pd., M. Pd

Editor : Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan