LL Dikti Wilayah IX Menggelar Pelatihan Audit Mutu Internal untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Lingkungan LL Dikti Wil IX.

UMU Online– Universitas Muslim Buton ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pelatihan Audit Mutu Internal LL Dikti Wil IX yang diselenggarakan di kota Kendari dari tanggal 29-30 November 2023 dengan bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan tinggi di lingkungan LL Dikti Wil IX.

Pelatihan ini dihadiri oleh Staf Lembaga Penjaminan Mutu dari masing-masing perguruan tinggi di wilayah Sulawesi tenggara, dosen, dan pihak terkait lainnya yang berperan dalam menjaga kualitas pendidikan di lingkungan perguruan tinggi masing-masing. Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip audit mutu internal, strategi pengembangan, dan implementasi perbaikan berkelanjutan.

Bapak Dr. Andi Lukman, MSi dalam pengarahaannya saat pembukaan pelatihan AMI bagi PTS se Sultra menekankan beberapa poin utama yang akan dibahas dalam pelatihan ini meliputi:

 

  • Hendaknya PTS sesultra memegang teguh dan mengimplementasikannya prinsip-prinsip Audit Mutu Internal, serta memahami dasar-dasar audit mutu internal, termasuk standar-standar mutu yang berlaku di bidang pendidikan tinggi.
  • Para pengelola PTS menyadari arti penting ekosistim penilaian kinerja pegawai, dengan menguasai teknik penilaian kinerja untuk memastikan pemenuhan standar akademik dan efektivitas operasional.
  • Terus dilakukan usaha-usaha pengembangan rencana perbaikan berkelanjutan, terutama terkait bagaimana merancang dan mengimplementasikan rencana perbaikan berkelanjutan berdasarkan temuan audit mutu internal.
  • Pengelola perguruan tinggi harus mampu menggerak dan keterlibatan pihak-pihak terkait dalam Upaya mendorong keterlibatan seluruh pihak yang terlibat dalam proses pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan mutu tridharma di masing-masing PTS wilayah Sultra.

Ketua Panitia penyelenggara menyatakan, “Kami percaya bahwa pelatihan ini akan memperkuat kapasitas staf kami dalam mengelola dan meningkatkan mutu pendidikan. Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa, pelatihan ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan institusi kami.”

Editor, Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Bagikan