Tata Kelola Perguruan Tinggi dan Membentuk Karakter Unggul Mahasiswa

UMU Online–Universitas Muslim Buton menyelenggarakan Seminar dengan tema “Tata Kelola Perguruan Tinggi dan Membentuk Karakter Unggul Mahasiswa.” Acara ini berlangsung pada Aula Universitas Muslim Buton, Selasa 28 November 2023   yang diikuti Pegawai, dan perwakilan Mahasiswa UMU Buton dengan pembicara Utama Prof. Dr. Mashur Razak Guru Besar Ilmu Manajemen Direktur Pasca Sarjana Universitas Handayani. Kegiatan ini adalah implementasi MoU yang ditandatangani Bersama antara Universitas Handayani dan Universitas Muslim Buton pada bulan maret 2023 di makassar.

Sesi pertama dalam presentasi tersebut beliau memaparkan tentang Tata Kelola Perguruan Tinggi yang Efektif, termasuk model-model terbaru dalam tata kelola perguruan tinggi serta menjelaskan tentang peran kepemimpinan akademis dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis.

Seminar ini menjadi platform membahas isu-isu krusial dalam tata kelola perguruan tinggi dan manajemen kemahasiswaan, serta bertujuan untuk mendiskusikan inovasi terkini dan praktik terbaik  pada UMU Buton sebagai lembaga pendidikan.

Pada sesi kedua Prof Dr. Mashur Razak membawaka materi tentang pendekatan dan strategi Membentuk Karakter Unggul Mahasiswa, UMU Buton penting menampilkan khasan yang tidak dimiliki mitra-mitra lain seperti menonjolkan kemampuan soft skill mahasiswa dalam pembelajaran karakter dalam kurikulum perguruan tinggi, terkait Etika, kepemimpinan, dan keterampilan interpersonal mahasiswa.

Beliau juga menjelaskan seminar ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya pembentukan karakter unggul mahasiswa sebagai landasan keberhasilan mereka dalam menghadapi tantangan di dunia nyata. Dengan memahami nilai-nilai, etika, dan keterampilan kepemimpinan, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

Seminar ini dikemas dalam rangka meningkatkan pemahaman akan strategi tata kelola perguruan tinggi yang efektif,  mendiskusikan metode terbaik dalam membentuk karakter mahasiswa. Beliau ikut menjelaskan bagaimana memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana tata kelola yang baik dapat membentuk karakter mahasiswa.

Diakhir acara seminar dilanjutka dengan penandatanganan Implementasi MoU dalam bentuk MoA pihak UMU Buton diwakili Rektor Universitas Muslim Buton, dan Universitas Handayani makassar diwakili Prof. Dr. Mashur Razak selaku pemateri utama dalam seminar tersebut.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan