Sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) UMU Buton Tema: Memperkuat Komitmen terhadap Mutu dan Kinerja Terbaik

UMU Online–Universitas Muslim Buton menyelenggarakan sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) sebagai upaya nyata memperkuat kompetensi  semua civitas kademik UMU Buton  dalam pemahaman dan pelaksanaan praktik terbaik dalam manajemen mutu internal. Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 08 desember 2023 di Aula Universitas Muslim Buton.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMU Buton mengatakan bahwa sosialisasi AMI ini dirancang untuk menyamakan pikiran/ide/gagasan tentang implementasi AMI UMU Buton,   menguatkan komitmen pada seluruh elemen UMU Buton, wawasan mendalam kepada seluruh pegawai UMU Buton, termasuk karyawan dan pimpinan, tentang pentingnya AMI dalam meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi memenuhi SN Dikti. Peserta telah bertukar pikiran mendalami tentang tujuan AMI, proses audit, serta bagaimana hasil audit dapat digunakan untuk peningkatan berkelanjutan.

Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton dalam pengarahannya diawal sosialisasi menyatakan bahwa Ddengan penyelenggaraan sosialisasi Audit Mutu Internal ini,Universitas Muslim Buton menunjukkan komitmen yang kuat untuk mencapai standar tertinggi dalam mutu dan kinerja organisasionalnya.

Lanjut Ibrahim Marsela, dalam paparannya bahwa Audit Mutu Internal (UMU) merupakan bagian integral dari proses manajemen mutu yang bertujuan untuk menilai kesesuaian dan kinerja sistem manajemen mutu internal. Sosialisasi Audit ini diadakan sebagai langkah strategis untuk memperkuat ekosistim evaluasi pelaksanaan standar-standar akademik dan non akademi8k UMU Buton dan meningkatkan efektivitas sistem manajemen mutu internal yang telah diterapkan dilingkungan institusi UMU Buton.

Pembukaan dan Sambutan Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton,

Agenda Sosialisasi AMI UMU Buton 9 Desember 2023 dengan pemateri Tunggal Kepala Penjaminan Mutu Universitas Muslim Buton,

Pemaparan tujuan dan manfaat sosialisasi AMI.

Pengantar Audit Mutu Internal

Definisi dan ruang lingkup AMI.

Peran dan tanggung jawab auditor dan auditoree.

Proses Audit Mutu Internal:

Langkah-langkah pelaksanaan audit.

Metodologi dan teknik yang digunakan.

Studi Kasus:

Pengalaman penerapan AMI dalam organisasi.

Keberhasilan dan hambatan yang dihadapi.

Diskusi dan Tanya Jawab:

Kesempatan untuk bertanya dan berbagi pengalaman.

Rangkuman kesimpulan dan langkah selanjutnya.

Tujuan Sosialisasi AMI UMU Buton:

Mengedukasi seluruh anggota organisasi tentang pentingnya AMI.

Meningkatkan kesadaran akan standar dan prosedur mutu internal.

Mendorong partisipasi aktif  pegawai UMU Buton dalam proses AMI.

Kata Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muslim Buton Herianto, SE.,MM bahwa dengan pelaksanaan sosialisasi Audit Mutu Internal (UMU) ini, Universitas Muslim Buton terus menegakkan komitmennya untuk membangun perguruan tinggi bereputasi nasional dan internasional diera disrupsi ini, dengan memberikan layanan berkualitas dibidang tridharma perguruan tinggi dan meningkatkan transparansi dalam setiap aspek operasionalnya.

Dengan adanya implementasi SPMI dalam AMI pada Universitas Muslim Buton  berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu Pendidikan tinggi UMU Buton dan memastikan keberlanjutan yang berkelanjutan. Sosialiasasi ini menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan institusi UMU Buton yag kita banggakan  menuju daya saing yang unggul dengan mutu yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan para mahasiswa UMU Buton, ungkap Ibrahim Marsela.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan