UMU Buton menyelenggarakan “leadership practice” atau Praktek Kepemimpinan Mahasiswa

UMU Online– Program Studi Administrasi Pemerintahan Daerah Fakultas Ilmu Pemerintahan Daerah dan Hukum Universitas Muslim Buton melaksanakan “leadership practice” atau “Praktek Kepemimpinan”.  Acara ini dikemas sebagai sebuah inisiatif untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa Program studi Administrasi Pemerintahan Daerah FIPH UMU Buton.  Tujuan program ini untuk memberikan kesempatan mahasiswa mengasah keterampilan kepemimpinan mereka melalui narasumber dan diskusi atau sharing session. Acara ini pula dirancang dan dikemas untuk memperkuat kapasitas kepemimpinan, kolaborasi tim, dan pemecahan masalah serta meningkatkan keterampilan kepemimpinan, membangun jaringan, dan memotivasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam komunitas Minggu, 10 Desember 2023 di kampus Universitas Muslim Buton.

Dalam paparannya Dekan Fakultas Ilmu Pemerintahan  dan Hukum UMU Buton bahwa kegiatan ini adalah sebagai wujud komitmen terhadap pengembangan kepemimpinan mahasiswa dilingkungan Ps Administrasi Pemerintahan Daerah, harapan dari kegiatan ini juga dalam rangka membentuk kepemimpinan efektif mahasiswa Ps APD pada Fakultas ilmu Pemerintahan dan Hukum.  Program ini menjadi moment bagi mahasiswa untuk meningkatkan kepemimpinan efektif yang merupakan salah satu kompetensi dibutuhkan bagi seorang profesional abad 21, sebagai sarana dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif di dunia yang terus berubah, ungkap Baharuddin, S.Sos., M.Si

Tema Program ini “Membentuk Kepemimpinan Efektif” tentu akan memberikan kesempatan mahasiswa Ps APD untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka melalui serangkaian tukar ide atau gagasan dan proyek kolaboratif. Fokus utama program ini adalah mengajarkan prinsip-prinsip kepemimpinan efektif, termasuk komunikasi yang baik, pengambilan keputusan strategis, dan kemampuan memotivasi tim.

Ketua Ps Administrasi Pemerintahan Daerah Purnama, S.Si.,M.Si dalam paparannya mengatakan bahwaTujuan Program leadership practice  untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kepemimpinan efektif, membangun rasa tanggung jawab, dan memotivasi mereka untuk mengambil peran kepemimpinan di kampus selama kuliah di UMU Buton dan di masyarakat.

Rangkaian kegiatan Workshop ini mencakup, Komunikasi Efektif dalam Kepemimpinan, Simulasi Pengambilan Keputusan Strategis dan Proyek Kolaboratif untuk Menerapkan Keterampilan Kepemimpinan

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan