Ledership forum UMU Buton tentang: Rencana Kegiatan Tahunan, Perubahan Kurikulum, dan Rencana Impelementasi MBKM-KSM-BBM untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

UMU Online- Pada hari ini, 9 Januari 2024, Universitas Muslim Buton  menggelar Ledership forum  atau rapat strategis yang membahas rencana kegiatan tahunan, perubahan kurikulum, dan rencana Kuliah Kandidat Sarjana Mengabdi-Belajar Bersama Masyarakat  (KSM-BBM 2024) sebagai bagian dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada Leadership forum ini, fokus utama dibahas adalah rencana kegiatan tahunan sebagai bagian dari strategi institusi untuk mendorong inovasi dan pengembangan di berbagai bidang.  UMU Buton dan seluruh lembaga terkait menyusun agenda kegiatan yang mencakup Rencana Kerja tahunan masing-masing unit kerja, seminar, workshop, dan kegiatan kolaboratif dengan industri dan stakeholder terkait. Tujuan utama adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang beragam dan relevan bagi mahasiswa.

Terkait pembahasan kurikulum maksudnya iadalah dalam rangka menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan abad ke-21, rapat membahas rencana perubahan kurikulum yang akan mencakup peningkatan keterampilan praktis, penekanan pada literasi digital, dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Kurikulum yang disesuaikan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja yang terus berkembang terutama berbasis soft skill. Ungkap Ibrahim Marsela,

Dalam kaitannya penyelenggaraan KSM-BBM pihak terkait  juga membahas persiapan dan menyoroti rencana KSM-BBM versi MB-KM yang berbasis mengajar di sekolah, berbasis Wirausaha dan mengabdi didesa yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan pembelajaran praktis kepada mahasiswa. Lokasi KSM dipilih secara cermat untuk memastikan dampak positif yang signifikan pada komunitas atau Masyarakat  sekitar, sambil memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata.

Drs H. Ibrahim Marsela, MM” Rapat ini mencerminkan komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa. Rencana kegiatan tahunan, perubahan kurikulum, dan rencana KSM-BBM  adalah bagian integral dari visi kita untuk menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan global.”

Rapat ini menciptakan dasar yang kuat untuk pelaksanaan langkah-langkah yang akan dilakukan, dan UMU buton berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang unggul dan berinovasi.

Melahirkan kurikulum  yang mengintegrasikan keterampilan abad 21, era disprusi, tantangan global kedepan, berbasis dunia kerja serta mengintegrasikan program MB-KM  adalah wajib hukumnya bagi seluruh program studi lingkup UMU Buton, Ungkap Ibrahim Marsela;

Editor, kantor HUMAS UMU Buton, Muhamad Firmansyah

Bagikan