Mahasiswa UMU Buton ikuti Pembekalan KSM Tahun 2024

UMU Online-Pembekalan Kandidat Sarjana Mengabdi-Belajar Bersama Masyarakat Membangun Desa dan Kandidat sarjana Mengabdi Tematik MBKM UMU Buton 2024 merupakan salah satu rangkaian kegiatan pra-pelaksanaan KSM-BBM membangun Desa dan KSM Tematik MBKM. Diselenggarakan Kerjasama Lembaga Penilitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Biro Pendidikan dan Pembelajaran dengan tujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa agar dapat berkontribusi secara langsung kepada kampus. Sebanyak 230 mahasiswa UMU Buton  mengikuti pembekalan yang dilaksanakan di Universitas Muslim Buton, pada hari Senin-Selasa (05/2-6/2). Mahasiswa yang mengikuti pembekalan KSM  merupakan peserta  KSM-BBM dan KSMT MBKM  Periode 2-3 Tahun 2024. Mereka berasal dari 3 Fakultas di UMU Buton. Ada 8 materi yang disampaikan oleh narasumber kepada para mahasiswa dalam pembekalan KSM-BBM dan KSM tematik MBKM yaitu terkait Etika dan Tata tertib KSM, Sejarah dan Prinsip KSM, Operasional KSM, Komunikasi Masyarakat, Administrasi dan Pelaporan KSM, Teknologi Tepat Guna, Penerapan Manajemen Pengetahuan.

Kepala Biro Pendidikan dan Pembelajaran selaku Pengelolaan KSM-BBM, Non Abdi SPd.,MPd, menuturkan kegiatan pembekalan KSM-BBM kali ini berupa penyampaian materi dari para narasumber yang telah berkompeten dan telah banyak kontribusinya dalam memajukan pengelolaan KSM-BBM di UMU Buton. Kegiatan ini, kata Non Abdi SPd.,MPd, “setelah melaksanakan pembekalan dan terbentuk unit-unit lokasi, mahasiswa akan kita fasilitasi untuk melaksanakan tahapan Non Abdi SPd.,MPd, selanjutnya seperti berkonsolidasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam mempersiapkan program kegitan sebelum penerjunan KSM-BBM yang direncanakan pada tanggal 16 Pebruari 2024 mendatang.”papar Non Abdi.

Non Abdi, juga memberikan penjelasan mengenai prosedur administrasi terkait dengan pelaksanaan KSM dan pengenalan terhadap dokumen-dokumen yang diperlukan.

Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton dalam penjelasan mengenai tujuan dan manfaat dari KSM, Bagaimana KSM dapat menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa. Termasuk penjelasan mengenai peraturan dan etika yang harus diikuti oleh mahasiswa selama KSM serta pentingnya mahasiswa menjaga integritas dan etika dalam melaksanakan tugas.

Rektor UMU Buton menyampaikan presentasi atau diskusi tentang lokasi tempat KSM  akan dilaksanakan dan menyampaikan Informasi tentang kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di lokasi tersebut untuk menjadi perhatian peserta KSM.

Sementara itu, mahasiswa yang telah selesai mengikuti rangkaian pembekalan KSM-BBM Di UMU buton, Rifki mahasiswa Fakultas Geografi angkatan 2020, menyampaikan kesan positif dengan adanya kegiatan pembekalan KSM-BBM “mahasiswa  dapat memperoleh banyak informasi dari para narasumber yang berpengalaman serta pernah menjadi Dosen Pembimbing Lapangan, sehingga cukup menjadi bekalnya dalam melaksanan kegiatan KSM-BBM, sebagai masukan terhadap penyelenggaraan kedepannya mohon dapat dialokasikan waktu untuk jeda karena sesi materi pembekalan yang harus diikuti banyak, agar tidak terlalu padat”, pungkasnya.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan