Upacara Pelepasan Mahasiswa: Membawa Semangat Kemanusiaan ke Pedalaman Desa 2024

UMU Online– Hari ini, tanggal 19 pebruari 2024 Universitas Muslim Buton menggelar upacara pelepasan untuk mahasiswa yang akan melaksanakan Program Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) di 3 daerah kabupaten/kota yaitu Baubau, Buton dan Buton Tengah. Upacara ini menjadi peristiwa penting yang menandai awal perjalanan mahasiswa menuju dunia nyata setelah menerima berbagai pembelajaran Hard skill prodi masing-masing  untuk memberikan kontribusi nyata dan menjalankan misi uji kemampuan soft skill.

Dalam suasana yang penuh semangat, 9 prodi peserta KSM UMU Buton 2024 berkumpul untuk menerima arahan dan dukungan unsur pimpinan UMU Buton sebelum memulai tugas KSM mereka di kota dan desa-desa terpencil. Acara ini dihadiri oleh pimpinan Yayasan dan Universitas, dosen pembimbing lapangan dan staf dosen UMU Buton yang turut mendorong dan memotivasi dan komitmen mereka bertugas ditempat masing-masing.

Upacara pelepasan dimulai dengan pengantar kata  dari ketua panitia penyelenggara, ketua badan penyelenggara UMU Buton dan Rektor UMU Buton yang mempertegas pentingnya peran mahasiswa dalam membawa perubahan positif ke daerah-daerah atau Lembaga yang membutuhkan. “Kami sangat menghargai dukungan dan peran serta mahasiswa yang akan ikut berpartisipasi dalam KSM baik di desa-desa terpencil maupun willayah perkotaan. Ini bukan hanya tentang tugas akademis, tetapi juga tentang memberikan harapan, pencerahan, dan membantu membangun kehidupan masyarakat setempat,” ucap Rektor UMU Buton.

Setiap mahasiswa telah diberbekali dengan berbagai keterampilan hard skill dan soft skill untuk mendukung mereka selama tugas KSM di Lembaga, dikotan dan daerah terpencil. Kemampuan dan keterampilan dimiliki selama kuliah akan di praktek didunia nyata guna membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis, Kata Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton.

Sebagai bagian dari acara, mahasiswa juga berkesempatan untuk berbagi ekspektasi dan harapan mereka sebelum memulai perjalanan mereka ke desa. Beberapa mahasiswa melakukan diskusi dengan pimpinan UMU Buton untuk memperjelas atribut dan koordinasi dilapangan sehingga proyek-proyek yang akan mereka jalankan dapat berdampak bagi masyarakat setempat.

UMU Buton terus memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan yang tidak hanya terfokus pada pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga pada pengalaman praktis dan kontribusi positif kepada masyarakat. Program Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) di Lembaga, kota dan desa-desa terpencil adalah bagian dari inisiatif tersebut, mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang peduli dan berempati kelak Kembali dimasyarakat.

Editor, Kantor Humas UMU Buton  Muhamad Firman Syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON