Antara Rektor ITB Nobel Indonesia dan UMU Buton Menggelar Diskusi Kolaboratif untuk Meningkatkan Pengalaman Mahasiswa

UMU Online– Senin 18 Maret 2024 Rektor Institute Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia  dan Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton  mengadakan diskusi kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam pendidikan tinggi. Acara ini merupakan bentuk kerja sama yang kuat antara kedua institusi untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mencapai keberhasilan akademik dan pengembangan pribadi mereka.

Diskusi ini dihadiri oleh para pemimpin,dari kedua perguruan tinggi. Acara tersebut dipandu oleh moderator yang terampil untuk memastikan bahwa semua masukan dan ide-ide yang muncul dapat diperdebatkan secara terbuka dan konstruktif.

Selama diskusi berlangsung, pimpinan kedua perguruan tinggi membahas berbagai aspek yang memengaruhi pengalaman mahasiswa, termasuk kurikulum, metodologi pengajaran, dukungan akademik dan emosional, fasilitas kampus, serta kesempatan pengembangan keterampilan di luar kelas. Diskusi tersebut juga mencakup evaluasi terhadap program-program yang telah diimplementasikan di kedua perguruan tinggi, serta pertukaran ide tentang praktik terbaik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa.

Dari hasil diskusi yang intensif, tim gabungan dari kedua perguruan tinggi berhasil mengidentifikasi beberapa langkah konkret yang akan diambil guna meningkatkan pengalaman mahasiswa. Beberapa di antaranya termasuk:

Peningkatan Kerjasama Antarfakultas,  Kedua perguruan tinggi (ITB Nobel dan UMU Buton)  sepakat untuk meningkatkan kolaborasi antarprogram studi dan fakultas dalam merancang kurikulum lintas disiplin yang lebih holistik dan relevan dengan tuntutan dunia kerja.

Pengembangan Program Dukungan Mahasiswa, Akan dibentuk tim khusus di setiap perguruan tinggi yang bertugas untuk menyediakan layanan dukungan akademik, konseling, dan bimbingan bagi mahasiswa yang membutuhkan.

Peningkatan Aksesibilitas Fasilitas Kampus, antar ITB Nobel Indonesia dan UMU Buton akan mengevaluasi dan meningkatkan aksesibilitas fasilitas kampus, termasuk peningkatan akses bagi mahasiswa dengan kebutuhan khusus.

Pengembangan Program Pengembangan Keterampilan,  Akan diselenggarakan lebih banyak workshop, seminar, dan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa di luar kurikulum akademik.

Penguatan Jaringan Alumni,  Antara ITB Nobel Indonesia dan UMU Buton  akan meningkatkan upaya untuk memperkuat hubungan antara mahasiswa dan alumni guna memberikan dukungan dan kesempatan karir yang lebih baik.

Kedua perguruan tinggi berkomitmen untuk melaksanakan langkah-langkah ini secara berkelanjutan dan memantau kemajuan mereka secara berkala. Langkah-langkah ini diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi pengalaman dan kesuksesan akademik mahasiswa di kedua perguruan tinggi.

Kedua institusi juga berencana untuk terus mengadakan diskusi kolaboratif semacam ini secara berkala untuk memastikan bahwa mereka tetap responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi mahasiswa mereka.

Kedua perguruan tinggi sepakat membangun kemitraan yang kuat dan berkelanjutan dalam program Pasca Sarjana, yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pengembangan akademik dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi anatar UMU Buton dan ITB Nobel Indonesia.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON