Rapat Tenis Persiapan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kandidat Sarjana Mengabdi Mahasiswa UMU Buton, Strategi Mencapai kontribusi Signifikan untuk Pembangunan Lokal.

UMU Online- Baubau, Jum’at 22 Maret 2024 menyelenggarakan rapat persiapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Kandidat Sarjana Mengabdi-Belajar Bersama Masyarakat (KSM-BBM) Angkatan ke 2 tahun 2024 dan Pelaksanaan Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka mahasiswa UMU Buton Angkatan pertama tahun 2024, Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian serta dampak dari kedua jenis program KSM, sejauh mana  program  yang telah dijalankan oleh mahasiswa selama periode bulan pertama KSM.

Kegiatan Rapat persiapan Monev ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk dosen pembimbing Lapangan (DPL), pemangku kepentingan terkait Lingkup UMU Buton. Diskusi yang berlangsung antara semua pihak telah menghasilkan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek pelaksanaan KSM UMU Buton tahun 2024 dan dampaknya terhadap pembangunan local Dimana mahasiswa KSM ditempatkan.

Salah satu hasil kesepakatan dalam rapat persiapan Monev ini adalah pelaksanaan monev dilaksanakan secara terpadu, pengangkatan Tim pamong Lapangan, pembuatan sertifikat untuk Pamongan lapangan terutama kepada guru pamong. Melalui berbagai proyek dan hasil pemantuan sementara aksi-aksi nyata telah dilaksanakan mahasiswa KSM UMU Buton tahun 2024,  mahasiswa telah berhasil menyumbangkan pemikiran segar, tenaga, dan keterampilan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Dari program pendidikan dan kesehatan, KSM  telah membantu masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Selain itu, rapat Monev juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan KSM UMU Buton tahun 2024. Tantangan tersebut meliputi kendala logistik, koordinasi antarpihak terkait, dan berbagai hambatan lokal yang memengaruhi kemajuan aksi-aksi nyata  yang dilaksanakan. Namun demikian, keberhasilan mahasiswa dalam mengatasi sebagian besar tantangan ini menunjukkan tingkat komitmen dan dedikasi mereka terhadap program KSM kali ini.

Dr. Muh. Nur Azizu, SP.,MP, salah satu pembimbing KKN, menyampaikan, “Saya sangat bangga dengan dedikasi dan semangat mahasiswa selama pelaksanaan KSM ini. Mereka telah menunjukkan komitmen yang luar biasa untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat local Dimana ditempatkan, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan.”

Rapat Monev ini juga menjadi momen penting untuk merencanakan langkah-langkah ke depan dalam meningkatkan efektivitas dan dampak dari program KSM UMU Buton di masa yang akan datang. Para peserta rapat sepakat untuk terus meningkatkan koordinasi antarpihak terkait, memperkuat infrastruktur pendukung, serta memperluas jangkauan dan kualitas aksi-aksi nyata  Program KSM UMU Buton.

Dengan hasil positif yang telah dicapai dan semangat yang terus berkobar, Universitas Muslim Buton  berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan program KSM sebagai salah satu upaya nyata dalam membangun masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan