UMU Buton Gelar Acara Pembukaan Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Untuk Mahasiswa

UMU Online-Baubau, Jum’at tanggal 20 Maret 2024 Universitas Muslim Buton Kembali menggelar acara pembukaan Pesantren Ramadhan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Bulan Suci Ramadan. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang dan pendalaman agama  berharga kepada mahasiswa dalam meningkatkan keberkahan spiritual dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah.

Pesantren Ramadhan merupakan salah satu tradisi tahunan di Universitas Muslim Buton  yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi mahasiswa dalam menjalankan ibadah, meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai keagamaan, dan mempererat ikatan antar sesama mahasiswa.

Pesantren Ramadhan mahasiswa UMU Buton merupakan momen yang dinanti-nanti oleh seluruh civitas  akademik . Ini adalah waktu di mana mahasiswa dari berbagai latar belakang dapat berkumpul untuk merayakan kebersamaan, belajar tentang nilai-nilai keagamaan, dan menemukan kedamaian dalam ibadah mereka.

“Acara pembukaan Pesantren Ramadhan mahasiswa UMU Buton kali ini adalah langkah awal dalam perjalanan spiritual yang mendalam bagi mahasiswa dalam rangka implementasi visi UMU Buton membangun SDM yang memiliki aklaq yang mulia,” kata Ibrahim Marsela, selaku Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton. “Kita berharap acara ini tidak hanya menjadi waktu untuk beribadah, tetapi juga untuk mempererat ikatan organ-organ UMU Buton dan mendorong pertumbuhan rohani yang berkelanjutan di antara mahasiswa Universitas Muslim Buton.”

Acara pembukaan akan menampilkan dua naras umber yaitu Ustaz Ansar, MPd, dan Ustaz Jumaddin MPd, dengan tema pembahasan terkait makna dan hakekat pesantren Ramadhan, termasuk pembacaan Al-Quran, ceramah keagamaan, serta kegiatan seni dan budaya yang menggugah. Selain itu, akan ada bimbingan praktis tentang cara menjalani puasa dengan sehat dan bijaksana, serta bagaimana memaksimalkan manfaat spiritual dari Ramadan.

UMU Buton terus berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang mendukung bagi kegiatan spiritual bagi mahasiswa UMU Buton selama Bulan Suci Ramadan,” ungkap Ustaz Amsir MPd, Ketua Panitia Acara. “Pesantren Ramadhan ini bukan hanya tentang meningkatkan ibadah pribadi, tetapi juga tentang menciptakan ruang di mana mahasiswa dapat saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain dalam perjalanan spiritual mereka.”

Universitas Muslim Buton terus mengembangkan diri sebagai  pusat pendidikan tinggi di wilayah Kepulauan Buton yang berdedikasi untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mendorong pertumbuhan holistik mahasiswa. Dengan fokus pada keunggulan ekosistim akademik, pemberdayaan elemen-elemen UMU Buton, dan pelayanan kepada masyarakat, kami bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan