Keberhasilan Mahasiswa KSM FKIP UMU Buton Berbasis Asisten Mengajar di SD Negeri 6 Kabupaten Buton Tengah

UMU Online-Baubau, 24 Maret 2024 hasil monev kegiatan KSM berbasis asisten mengajar di sekolah, dapat kami publikasih bahwa sebuah kesuksesan yang membanggakan telah dicapai oleh para mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi  (KSM) dengan penugasan asisten mengajar Angkatan Tahun ke 2 Program Asisten Mengajar di sekolah, yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Dasar Negeri 6 kecamatan Gu. Melalui keterlibatan aktif hasiswa dalam membangun ekosisten pembelajaran di sekolah dasar tersebut, para mahasiswa telah berhasil memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar diwilayah kecamatan Gu terutama pada SD yang menjadi tempat penugasan mahasiswa KSM UMU Buton Angkatan ke dua.

Sejak dimulainya program KSM Asisten mengajar di SD Negeri 6 Kecamatan Gu, para mahasiswa KSM UMU Buton dari FKIP telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam membantu proses pembelajaran di kanal-kanal kelas. Dengan bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing Ibu Nurmin, SPd.,MPd, dan Pak Amir Manasi SPd.,MPd mereka secara aktif terlibat dalam kegiatan mengajar dan memberikan bantuan kepada guru-guru di sekolah tersebut.

Salah satu sukses dan hasil  yang dicapai oleh para mahasiswa KSM FKIP UMU Buton berbasis  Asisten Mengajar di sekolah adalah peningkatan tingkat partisipasi dan minat belajar siswa-siswi di SD Negeri 6 kecatan Gu Buteng. Melalui pendekatan yang inovatif dan interaktif, para mahasiswa mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa-siswi, sehingga memotivasi mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran. Hasilnya, terlihat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar dan keterlibatan siswa-siswi dalam berbagai kegiatan kelas.

Selain itu, para mahasiswa KSM FKIP UMU Buton juga turut berperan dalam membantu guru-guru di SD Negeri6 Kecamatan Gu dalam merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa-siswi. Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa dan guru, tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan inspiratif bagi para siswa-siswi SD Negeri 6 Kecamatan Gu.

Ibu Nurmin SPd.,MPd dan Amir Manasi SPd.,MPd, selaku dosen pembimbing program KSM berbasis Asisten asisten Mengajar di sekolah pada wilayah Buteng, mengatakan, “Saya sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa KSM Asisten Mengajar di sekolah dalam menjalankan tugas mereka di SD Negeri 6 Kecamatan Gu. Mereka telah menunjukkan komitmen yang tinggi dan kemampuan yang luar biasa dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar.”

Kesuksesan para mahasiswa KSM  Asisten mengajar disekolah  ini tidak lepas dari dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pihak sekolah, dosen pembimbing, serta masyarakat setempat. Melalui sinergi yang baik antara universitas, sekolah, dan masyarakat, program KSM  Asisten Mengajar FKIP UMU Buton dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi pembangunan pendidikan di daerah.

Dalam satu bulan kedepan akan  berakhir penugasan  program KSM Asisten Mengajar di SD Negeri6 Kecamatan Gu, para mahasiswa tentu akan meninggalkan jejak prestasi yang membanggakan dan kenangan yang tak terlupakan bagi siswa-siswi, guru, serta masyarakat setempat. Prestasi ini juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain untuk turut berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Kepulauan Buton melalui berbagai platform program pengabdian masyarakat yang ada di UMU Buton.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muh Firman Syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON