Buka Puasa Bersama, Mempererat Ikatan dan Koneksi Spiritual di Kalangan Civitas Akademik UMU Buton Dalam Bulan Ramadan

UMU Online-Baubau Rabu 27 Maret 2024, menyelenggarakan buka puasa bersama civitas akademika Universitas Muslim Buton turut hadir Mantan Gubernur Sultra Bapak Dr. H. Nur Alam dan Ibu Tina Nur Alam Anggota DPR RI Komisi X, Bersama tokoh Masyarakat. Buka puasa Bersama merupakan bagian integral dari komitmen civitas akademika Universitas Muslim Buton untuk memupuk persatuan, harmoni, dan pertumbuhan spiritual di antara civitas  akademik UMU Buton yang beragam.

Ramadan, bulan puasa, doa, refleksi, dan kebersamaan, memiliki makna yang dalam bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah waktu untuk mendisiplinkan  diri, meningkatkan pengabdian, dan melakukan kebaikan kepada Allah SWT. Di Universitas Muslim Buton buka puasa bersama merupakan tradisi Islami tahunan yang diselenggarakan civitas akademik UMU Buton berbagi kebaikan dan berkah, kami mengakui pentingnya menghormati tradisi Islami yang suci ini dan menyediakan ruang bagi fakultas, staf, dan mahasiswa kami untuk berkumpul dalam kebersamaan dan solidaritas nuansa Ramadhan bulan suci yang penuh berkah dan ampunan bagi pelakunya dengan sungguh-sungguh.

Acara “Buka Puasa Bersama” dimulai pada pukul 18,5 menit dengan panggilan untuk shalat magrib berjamah (Adzan), menandai berakhirnya hari puasa. Civitas akademika UMU Buton pejabat structural mulai ketua badan penyelenggara UMU Buton, rector, wakil rector,  kepala biro, kepala Lembaga, dekan Fakultas,ketua prodi, dosen,  staf, dan mahasiswa ikut buka puasa bersama-sama. diikuti dengan shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih, ini adalah momen yang tepat atau kesempatan untuk pembaruan spiritual dan refleksi bagi seluruh civitas akademika UMU Buton.

Acara buka puasa bersama ini mencerminkan semangat persatuan dan inklusivitas yang menandai Universitas Muslim Buton yang kita jaga dan cintai bersama,” kata rector UMU Buton dalam kesempatan sepata kata menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Dr. H Nur Alam di Tengah-tengah civitas akademis UMU Buton. “Ramadan adalah waktu untuk memperkuat ikatan, memperdalam pemahaman, dan memperbarui komitmen kita dalam berkarir di UMU Buton  dengan menanamkan nilai-nilai belas kasihan dan empati. Dalam suasana bulan Ramadan Kita bangga menjadi bagian UMU Buton  menyediakan platform bagi civitas  akademik untuk berkumpul, berbagi kebahagian di bulan suci ramadan ini.

Selain memupuk rasa kebersamaan, “Buka Puasa Bersama” juga berfungsi sebagai platform untuk dialog nilai-nilai Islam Aswaja (Islam ramatan Lil A’lamin) dengan pemahaman yang mendalam yang diwujudkan dalam lingkungan pergaulan akademis di kampus kita UMU Buton. Ini adalah momen yang berarti dan berharga bagi seluruh civitas akademika UMU Buton yang sempat hadir dalam acara nuansa Islami buka puasa bersama diisi kultum dan tausiah oleh Ustazd Hamdani, SH.i.

Editor, Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON