KSMT-MBKM Magang Pada Lembaga Keuangan Non Bank Mahasiswa UMU Buton, Kontribusi Positif dalam Pengembangan Lembaga Keuangan Non Bank (Penggadaian Cab Baubau)

UMU Online-Baubau, kamis tanggal 28 Maret 2024, Dosen Pembibing Lapangan KSMT-MBKM (Kandidat sarjana Mengabdi tematik-Merdeka belajar Kampus Merdeka) UMU Buton menyelenggarakan asistensi lapangan atau Monev kegiatan Mahasiswa KSMT-MBKM Magang. Program magang merupakan salah satu upaya yang diambil oleh Universitas Muslim Buton dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui program magang, mahasiswa UMU Buton khususnya Mahasiswa FEB dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di bangku perkuliahan ke dalam dunia nyata, sambil memberikan kontribusi positif pada lembaga keuangan yang menjadi tempat mereka melakukan magang.

Pada hari ini, rabu tanggal 28 Maret 2024, Dosen DPL menyampaikan  hasil dari Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Magang Mahasiswa di Lembaga Keuangan non Bank Penggadaian Cab Baubau. Program ini telah berhasil memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak, mahasiswa dan lembaga keuangan non bank tersebut.

Selama periode magang yang berlangsung selama 6 bulan, mahasiswa telah terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan di lembaga keuangan non bank. Mereka tidak hanya mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di bangku perkuliahan, tetapi juga menghadirkan ide-ide segar dan pandangan baru yang berpotensi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja Lembaga keuangan non bank (penggadaian).

Berikut adalah beberapa pencapaian utama yang dicapai oleh mahasiswa magang selama periode 1 bulan terakhit tersebut:

Penyusunan Laporan Keuangan,  Mahasiswa terlibat dalam proses penyusunan laporan keuangan, yang membantu meningkatkan akurasi dan keterbacaan laporan keuangan lembaga keuangan non bank (penggadaian).

Analisis Risiko dan Investasi: Melalui penugasan yang diberikan, mahasiswa berhasil melakukan analisis risiko dan investasi yang mendalam, memberikan wawasan berharga bagi lembaga keuangan dalam mengambil keputusan investasi yang tepat.

Pengembangan Strategi Pemasaran: Mahasiswa juga terlibat dalam pengembangan strategi pemasaran, termasuk peningkatan kehadiran online lembaga keuangan melalui media sosial dan platform digital lainnya.

Pemberdayaan Masyarakat: Beberapa mahasiswa UMU Buton dalam program KSMT-MBKM juga berhasil menginisiasi program pemberdayaan masyarakat, yang membantu meningkatkan literasi keuangan di kalangan masyarakat setempat.

Kami, sebagai lembaga keuangan, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh mahasiswaKSMT-MBKM UMU Buton selama periode magang. Kontribusi mereka telah membantu kami dalam mencapai tujuan-tujuan strategis kami serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Program magang KSMT-MBKM FEB UMU Buton  ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis yang berharga, yang akan membantu mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja di masa depan.

Editor, Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON