Pelepasan Mahasiswa KSM-BBM UMU Buton Kelurahan Bone-Bone, Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

UMU Online-Baubau, selasa tanggal 2 april 2024 telah berlansung sebuah acara pelepasan mahasiswa Kanddidat Sarjana Mengabdi Belajar Bersama Masyarakat  (KSM-BBM) berlangsung 40 hari penuh mahasiswa dari berbagai program studi UMU Buton mendapat mandat penugasan membngun desa yang  diadakan di Kelurahan Bone-Bone  Acara ini tidak hanya merupakan momen perpisahan bagi mahasiswa, tetapi juga sebagai kesempatan untuk merayakan hasil kerja keras mereka selama periode KSM di wilayah tersebut.

Acara pelepasan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Doesn DPL Bapak Ikhsan SP.,MP, para mahasiswa KSM dan tak kalah urgennya acara pelepasan ini dihadiri bapak Lurah Bone-Bone kecamata Batupoaro Kota Baubau, dosen pembimbing, pejabat pemerintah pemerintah kelurahan Bone-Bone, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Dalam suasana yang penuh semangat, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mahasiswa dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kelurahan Bone-Bone.

Selama berlangsung periode KSM mereka, mahasiswa terlibat dalam berbagai proyek pembangunan dan program sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat kelurahan Bone-Bone. Pada acara pelepasan ini, para mahasiswa mempresentasikan hasil kerja mereka, mulai dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat, penyuluhan kesehatan, hingga pembangunan infrastruktur dasar.

Sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan kontribusi mereka, beberapa mahasiswa KSM UMU Buton menerima penghargaan khusus dari pemerintah setempat dan kelurahan. Penghargaan diberikan kepada mereka yang telah menunjukkan kinerja terbaik dan dampak yang signifikan dalam proyek-proyek yang mereka jalankan.

Dalam sambutannya, perwakilan pemerintah kelurahan Bone-Bone dan dosen pembimbing memberikan ucapan terima kasih atas kerja keras para mahasiswa selama periode KSM-BBM UMU Buton Angkatan ke 2. Mereka juga mengingatkan bahwa kerja sama antara universitas, pemerintah, dan masyarakat sangat penting untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di tingkat desa/kelurahan.

Acara pelepasan ini juga menjadi momentum untuk menggugah kesadaran akan pentingnya kontribusi sosial di antara generasi muda. Para wakil kedua pihak anatara Pemerintah kelurahan Bone-Bone dan Pejabat UMU Buton  menyampaikan harapan bahwa semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang ditunjukkan oleh mahasiswa KSM-BBM walaupun relative singkat hanya berlangsung 40 hari  dapat terus berlanjut dan menginspirasi generasi muda diwilayah kelurahan Bone-Bone

Dengan penuh rasa haru dan bangga, acara pelepasan mahasiswa KSM-BBM di Kelurahan Bone-Bone kecamata Batupoaro ditutup dengan doa bersama dan harapan agar ikatan silahturahim antara mahasiswa, pemerintah kelurahan Bone-Bone, dan masyarakat tetap terjalin kuat. Para mahasiswa meninggalkan wilayah tersebut dengan kenangan indah dan rasa bangga atas kontribusi mereka dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan masyaraka keelurahan Bone-Bone.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muh Firman Syah

Bagikan
Open chat
HUMAS UMU BUTON