Kewirausahaan (Entrepreneur)
Center IBI UMU Buton

Persoalan ketenagakerjaan, terutama pengangguran menjadi masalah besar bangsa ini yang belum mampu dituntaskan oleh pemerintah sampai sekarang ini.

Berbagai strategi dan program telah dilakukan oleh semua intitusi terkait, namun belum dapat memberikan dampak yang menonjol dalam penyerapan tenaga kerja. Jumlah angkatan kerja terus tumbuh dengan pesat setiap tahunnya, sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mengalami pertambahan yang berarti.

Memperkuat program pendidikan kewirausahaan di kampus, merupakan satu langkah efektif untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang jumlahnya telah menembus angka 7 juta jiwa dan 630 ribu diantaranya adalah lulusan sarjana. Program kewirausahaan di kampus diharapkan dapat melahirkan alumni siap kerja di dunia kerja (pencipta lapangan kerja).

Persaingan yang semakin ketat membuat angkatan kerja baru makin terjepit dalam menemukan lapangan pekerjaan. Saat ini ada sejumlah ratusan ribu lulusan perguruan tinggi yang menganggur setiap tahunnya.

Oleh sebab itu kampus sebagai pencetak kaum intelektual harus mampu menjawab tuntutan zaman. Dunia kerja membutuhkan kombinasi dari keahlian lain. UMU Buton perlu duduk bersama dengan dunia industri untuk membahas training kewirausahaan. Sehingga Universitas Muslim Buton harus mampu menggalakkan lulusan siap membangun lapangan kerja, bukan pekerja pada orang lain.

UMU Buton ingin merubah paradigma lulus kuliah langsung jadi PNS dikalangan mahasiswanya. Untuk menjawab mindset tersebut maka program training kewirausahaan wajib digalakkan dengan berbagai strategi dan pendekatan yang dijalankan secara intensif.

Jika program ini dilakukan secara sungguh-sungguh ditambah program stimulus KUR Mahasiswa dari perbankkan, maka Insya Allah dari kampus UMU Buton akan banyak lahir pengusaha-pengusaha baru yang handal dan tahan banting diwilayah KEPTON.

Kontak kami

UMU BUTON

Universitas Muslim Buton
Jalan Betoambari nomor 146
Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 93721
Email : info@umubuton.ac.id
Website : www.umubuton.ac.id
Scroll to Top

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, Calon Mahasiswa (i) dapat menyiapkan beberapa file softcopy untuk proses kelancaran pendaftaran, file softcopy yang disiapkan, berupa :

  1. KTP/KK (Salah Satunya)
  2. Pas Foto (ukuran bebas)
  3. Ijazah Terakhir (Bisa Menyusul)

File softcopy tersebut  dapat dibuat dalam bentuk JPG/JPEG atau PNG dengan ukuran maksimal 2 MB, lalu Upload file tersebut ke formulir pendaftaran. Proses pendaftaran tidak dikenakan biaya.

Daftar Gelombang Pertama

Tahun Akademik 2020/2021