Sambutan pimpinan

Universitas Muslim Buton

Dr. Sumiman Udu, S.Pd., M.Hum

Rektor Universitas Muslim Buton

Bismillahirohmanirohim

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala atas limpahan rahmat dan karunia-nya kepada kita, amin.

Tak lupa pula kita panjatkan salam dan Taslim kepada junjungan kita nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam, atas jasa perjuangan beliaulah sehingga kita bisa menikmati alam yang penuh dengan petunjuk dan hidayah.

Memasuki era industri 4,0 dibutuhkan manusia unggul, yaitu manusia yang memiliki nilai-nilai budaya, nilai-nilai sosial serta manusia yang memiliki kemampuan komunikasi dan daya saing yang tinggi. Era industri 4,0 merupakan era yang ditandai dengan kebangkitan internet sebagai salah satu aspek penting dalam peradaban manusia. Pada era ini, seluruh kehidupan manusia sudah berbasis internet of thing, artificial intelligence, big data, aspek robotik.

Perkembangan dunia Internet telah mengubah perilaku manusia di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di era industri 4,0 harus mampu memiliki beberapa aspek yaitu sumber daya manusia yang memiliki karakter, memiliki kapasitas budaya yang kuat dan tinggi, memiliki kemampuan hubungan sosial yang berbasis pada integritas, memiliki kemampuan komunikasi baik dalam konteks lokal maupun konteks global, serta mampu memanfaatkan algoritma dan artificial intelligence sebagai alat untuk menganalisis berbagai data yang begitu banyak. manusia yang unggul adalah mereka yang memiliki kemampuan menciptakan produk, dan mampu memahami kecenderungan pasar.

Oleh karena itu, Universitas Muslim Buton perlu menyelenggarakan Tri dharma perguruan tinggi dengan mengembangkan nilai-nilai islami sebagai basis karakter yang akan dipadukan dengan nilai-nilai universal sehingga menghasilkan kinerja dan prinsip-prinsip inovatif serta fleksibel dan cepat.

Pendidikan dan Pengajaran harus lebih banyak diarahkan pada bagaimana mahasiswa mampu memecahkan persoalan-persoalan nyata di dalam masyarakat, karena sarjana bukan hanya memperlihatkan kualitas angka-angka dengan slogan-slogan cumlaude, tetapi harus menghasilkan kualitas manusia unggul yang memiliki karakter, memiliki integritas sebagai basis modal sosialnya, memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk produk yang berkualitas,  dan berdaya saing baik dalam konteks lokal maupun dalam konteks global.

Dengan demikian, seluruh akademika universitas negeri Buton harus mampu memahami visi dan misi universitas untuk mewujudkan manusia unggul yang berdaya saing. Manusia yang karakter yang kuat, integritas yang kuat, serta memiliki fleksibilitas dalam hal inovasi mampu membaca berbagai fenomena dengan cepat dan tepat.

Sebagai salah satu inovasi baru yang ada di jazirah Sulawesi tenggara dan Indonesia, universitas Muslim Buton mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil bagian dalam perubahan kecil yang kita memulai menyebutkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing, mampu melakukan inovasi dalam berbagai ruang dan waktu di masa depan.

Kami juga berharap bahwa di masa depan melalui integritas yang kuat akan terbangun sebuah relasi yang kuat antara universitas Muslim Buton, dunia industri, masyarakat, dan pasar. Oleh karena itu, alumni dari Universitas Muslim Buton, bukan hanya menghafal berbagai konsep dan teori, tetapi mereka lebih banyak mendapatkan pengalaman lapangan sehingga setiap alumni mampu memecahkan berbagai persoalan nyata yang ada di dalam masyarakat. Untuk menguatkan, nilai tersebut, maka setiap mahasiswa dan civitas akademika Universitas Muslim Buton diharapkan dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai konsep dan teori, dapatkan berbagai paradigma, sehingga setiap mahasiswa dan alumni universitas Muslim Buton dapat menguasai konsep dan berbagai pendekatan, serta memiliki pengalaman untuk bekerja sama dengan orang lain, dalam satu tim.

Selain itu, dosen dan mahasiswa juga diarahkan untuk melakukan penelitian untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada di dalam masyarakat. Sehingga dosen dan mahasiswa mampu menjalankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan pendekatan pendekatan akademik dan ilmiah, sehingga Universitas Muslim Buton merupakan salah satu universitas yang mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa, sesuai dengan amanat undang-undang dasar, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Kontak kami

UMU BUTON

Universitas Muslim Buton
Jalan Betoambari nomor 146
Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 93721
Email : info@umubuton.ac.id
Website : www.umubuton.ac.id

Social Media

Scroll to Top

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, Calon Mahasiswa (i) dapat menyiapkan beberapa file softcopy untuk proses kelancaran pendaftaran, file softcopy yang disiapkan, berupa :

  1. KTP/KK (Salah Satunya)
  2. Pas Foto (ukuran bebas)
  3. Ijazah Terakhir (Bisa Menyusul)

File softcopy tersebut  dapat dibuat dalam bentuk JPG/JPEG atau PNG dengan ukuran maksimal 2 MB, lalu Upload file tersebut ke formulir pendaftaran. Proses pendaftaran tidak dikenakan biaya.

Daftar Gelombang Pertama

Tahun Akademik 2020/2021