Sejarah

Sejarah umu buton

Universitas Muslim Buton didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 391/KPT/I/2019 tentang izin pendirian Universitas Muslim Buton. Sementara peresmian Universitas Muslim Buton pada tanggal 20 Mei 2019 oleh Kepala LL DIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo yang di hadiri Gubernur Sulawesi Tenggara dalam hal ini di wakili Asisten 1 Setda Provinsi dan Kadis P dan K Provinsi serta Wali Kota Baubau dalam hal ini di wakili Wakil Wali Kota.

Berdirinya Universitas Muslim Buton merupakan wujud kontribusi Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton kepada masyarakat terkhusus masyarakat Kepulauan Buton dan masyarakat Sulawesi Tenggara melalui penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Universitas Muslim Buton didirikan dengan semangat menjadi Perguruan Tinggi Unggul dibidang bisnis, ekonomi, budaya dan politik.

Pengelolaan Universitas Muslim Buton dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton. Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton merupakan Yayasan yang selama priode 2015-2019 telah menyiapkan dan mendanai kegiatan penyiapan dokumen Study kelayakan, dokumen Borang Institusi, dokumen Borang Program Studi, dokumen SPMI, dokumen Renstra, dokumen Statuta, penyiapan Sarana dan Prasarana pendukung.

Sementara pada tahun 2018, Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton telah mendapatkan hibah beberapa aset dari pengurus Yayasan untuk di kelola oleh Yayasan dalam rangka menunjang operasional Universitas Muslim Buton terutama dalam menung operasional di tahun pertama dan seterusnya. Aset tersebut sebidang tanah dengan luas 1 ha lokasi jantung Kota Baubau, Hotel Mira Baubau, Hotel Mira Wakatobi, Hotel Wisata Kendari dan Hotel Mira Jakarta.

Universitas Muslim Buton saat ini memiliki 2 Fakultas dan 8 Program Studi strata 1, yaitu:

  • Program Studi Peternakan
  • Program Studi Agribisnis
  • Program Studi Agroteknologi
  • Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Program Studi Pendidikan Geografi
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Program Studi Pendidikan Matematika
  • Program Studi Pendidikan Biologi

Sejumlah Program Studi tersebut di dukung oleh dosen-dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dengan 73 tenaga (dosen tetap, dosen tidak tetap, teknisi, laboran, pustakawan dan tenaga kependidikan). Jumlah ini diharapkan terus akan meningkat di tahun-tahun mendatang sejalan pertambahan jumlah mahasiswa.

Dengan peta jalan yang telah di susun, Universitas Muslim Buton diharapkan akan menjadi Perguruan Tinggi yang masuk peringkat unggul di wilayah Kepulauan Buton, untuk mencapai visi tersebut, Universitas Muslim Buton akan di penuhi dengan sejumlah kriteria. Pertama, UMU mampu menghasilkan lulusan atau Sumber Daya Manusia yang berdaya saing yang tinggi. Kedua, Universitas Muslim Buton akan mampu menghasilkan Penilitian dan Inovasi yang bermutu serta mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia global. Terakhir Universitas Muslim Buton ikut berperan dalam mendeseminasikan hasil-hasil penelitian ditengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut, Universitas Muslim Buton bertekad untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul. Salah satu upaya adalah dengan memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan yang bermutu dan terjangkau masyarakat. Universitas Muslim Buton menyediakan beberapa skema beasiswa disamping melalui program pemerintah pusat bagi masyarakat yang berasal dari golongan ekonomi lemah dan/atau berprestasi akademik.

Kontak kami

UMU BUTON

Universitas Muslim Buton
Jalan Betoambari nomor 146
Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 93721
Email : info@umubuton.ac.id
Website : www.umubuton.ac.id

Social Media

Scroll to Top

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, Calon Mahasiswa (i) dapat menyiapkan beberapa file softcopy untuk proses kelancaran pendaftaran, file softcopy yang disiapkan, berupa :

  1. KTP/KK (Salah Satunya)
  2. Pas Foto (ukuran bebas)
  3. Ijazah Terakhir (Bisa Menyusul)

File softcopy tersebut  dapat dibuat dalam bentuk JPG/JPEG atau PNG dengan ukuran maksimal 2 MB, lalu Upload file tersebut ke formulir pendaftaran. Proses pendaftaran tidak dikenakan biaya.

Daftar Gelombang Pertama

Tahun Akademik 2020/2021