Teknologi Informasi Computer
Center IBI UMU Buton

Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia sebagian besar tidak memahami bagaimana Industri 4.0 yang sudah mulai hadir secara pesat saat ini, dalam sendi perekonomian Indonesia. Rendahnya pemahaman SDM di Indonesia ini berjalan lurus dengan munculnya ketimpangan antara kemampuan SDM lokal dan SDM asing yang mulai ikut dalam arus revolusi di Industri 4.0 di Indonesia. Selain itu, belum banyaknya pendidikan formal yang secara khusus menyiapkan SDM di bidang ini.

Ketidaksadaran ini menyebabkan sebagian besar SDM Indonesia hanyalah sebagai pengguna dan bukan pelaku, World Economic Forum pada tahun 2018, memproyeksikan pada empat tahun ke depan 75 juta pekerjaan akan berubah, dan 133 juta pekerjaan baru akan muncul sebagai hasil dari perkembangan teknologi.

Hal ini tentunya perlu diwaspadai oleh Indonesia, melihat SDM yang berlimpah namun belum seluruhnya memiliki bekal kemampuan dan keahlian di bidang digitalisasi dalam menghadapi era revolusi industri digital 4.0”.

Menghadapi tantangan itu, sejumlah upaya yang akan dilakukan oleh Universitas Muslim Buton untuk meningkatkan perannya yaitu perlu dibuat mata kuliah  dan pembelajaran khusus mengenai Information and Communication Technologi (ICT).  Untuk dapat lebih memahami perkembangan teknologi baru seperti Internet of Things (IoT), mesin kecerdasan buatan atau Artifacial Intelligence (AI), sistem fisik-cyber, dan cloud computing.

Mahasiswa masa depan perlu memahami cara menangani teknologi secara holistik, memiliki keahlian manusiawi seperti empati dan inovasi serta kemampuan berpikir kritis. Perguruan tinggi harus dapat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Perkembangan teknologi komputer sangatlah pesat, dari tahun ke tahun harga komputer sendiri kian beragam. Meskipun komputer berkembang dengan sangat pesat, kenyataannya masih banyak orang yang belum mampu mengoperaskan komputer. Kebanyakan generasi yang belum bisa mengoperasikan komputer ini mereka yang lahir di era 60-an, dimana komputer belum banyak digunakan. Untuk bisa mengoperasikan dengan maksimal, setiap mahasiswa Universitas Muslim Buton mendapatkan kesempatan yang sama mendalami komputer melalui lembaga Diklat tehnis Informasi dan teknologi  komputer yang nantinya dibekali Sertifikat Keterampilan.

Menjelang semester 4 Setiap mahasiswa Universitas Muslim Buton wajib mengikuti Diklat Tehnis Komputer. Lalu seberapa penting kah belajar komputer pada kehidupan kita sehari-hari? Berikut ini penjelasan yang akan membuat anda yakin bahwa komputer itu penting.

  1. Komputer merupakan modal dalam mendapatkan kerja. Bila anda pernah melihat lowongan pekerjaan, hampir disetiap perusahaan mengharuskan pekerjanya mengerti cara mengoperasikan komputer. Syarat minimal yang harus dikuasai seperti, tahu cara mengoperasikan Ms Word, ataupun Excel. Meskipun anda kurang beruntung dan tidak bisa di terima dalam perusahaan, anda masih bisa membuka usaha sendiri dengan memanfaatkan keahlian anda tersebut. Seperti membuka toko online, melayani jasa pengetikan, dan masih banyak lagi.
  2. Memudahkan dalam menyelesaikan tugas. Saat ini kebanyakan Perguruan Tinggi memberikan tugas pada mahasiswanya dalam bentuk ketikan, sehingga sangat penting bagi anda untuk bisa mengoperasikan komputer. Selain itu, saat anda melakukan skripsi atau tugas akhir pasti memerlukan komputer untuk membuatnya. Tentunya dengan piawai mengoperasikan komputer, anda bisa menghemat pengeluaran dari pada menyerahkan tugas akhir ke pengetikan.
  3. Komputer sebagai media penghemat kertas. Komputer bisa digunakan sebagai alat untuk menyimpan data, maka dari itu anda bisa menghemat kertas dan data juga lebih aman. Selama komputer anda masih normal, maka file tersebut akan aman dibanding menggunakan kertas. Kertas sangat rawan rusak, seperti terkena air, sobek, ataupun hilang.
  4. Komputer menjadikan anda kreatif dan inovatif. Komputer sangat berperan dalam mengembangkan kreatifitas penggunanya, seperti yang terdapat pada youtube dimana seorang anak 3 tahun sudah pandai menggambar kartun menggunakan komputer. Itu merupakan bukti bahwa komputer menjadi sarana dalam mempermudah anda mengerjakan sesuatu, anda juga bisa melakukan banyak hal menggunakan komputer.
  5. Jendela Dunia, memudahkan komunikasi. Dulu untuk berkomunikasi antar daerah dan negara, anda perlu membuat surat dan menanti surat tersebut berhari-hari hingga sampai. Saat ini anda dimudahkan dengan kehadiran komputer, yang anda butuhkan hanyalah internet untuk menghubungkan anda dengan orang yang jauh dari lokasi anda. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan untuk berhubungan jarak jauh, seperti gmail, yahoo, skype dan masih banyak lagi.

 

Kontak kami

UMU BUTON

Universitas Muslim Buton
Jalan Betoambari nomor 146
Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 93721
Email : info@umubuton.ac.id
Website : www.umubuton.ac.id
Scroll to Top

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, Calon Mahasiswa (i) dapat menyiapkan beberapa file softcopy untuk proses kelancaran pendaftaran, file softcopy yang disiapkan, berupa :

  1. KTP/KK (Salah Satunya)
  2. Pas Foto (ukuran bebas)
  3. Ijazah Terakhir (Bisa Menyusul)

File softcopy tersebut  dapat dibuat dalam bentuk JPG/JPEG atau PNG dengan ukuran maksimal 2 MB, lalu Upload file tersebut ke formulir pendaftaran. Proses pendaftaran tidak dikenakan biaya.

Daftar Gelombang Pertama

Tahun Akademik 2020/2021