UMU BUTON KUKUHKAN RATUSAN MAHASISWA : PERKENALKAN KAMPUS MERDEKA DAN PO 5

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Univesitas Muslim Buton (UMU Buton) diselenggarakan di aula hotel Mira Baubau (23/09/2020) dan dihadiri oleh walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, M.H. Pada kesempatan tersebut walikota Baubau mengenalkan falsafah PO 5 (Pomaa maasiaka, Popia piara, Pomae maeaka, Poangka angkataka, Pombinci binci kuli) kepada mahasiswa. Dengan harapan mahasiswa Universitas Muslim Buton dapat melestarikan falsafah PO 5 karena berisikan nilai-nilai yang diwariskan leluhur-leluhur dan penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari. Selain itu dapat menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang lebih baik, saling mendukung pada hal yang baik, menghormati perbedaan dan lain sebagainya.

Falsfah PO 5 sejalan dengan cita-cita Universitas Muslim Buton untuk “Membentuk manusia berkarakter unggul. Unggul secara spiritual maupun intelektual yang dilandasi dengan moral yang baik dan ditunjang oleh integritas. Pada kesempatan yang sama, Dr. Sumiman Udu, S.Pd., M.Hum., selaku rektor Universitas Muslim Buton mengungukapkan komitmen yang kuat untuk mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing tinggi dengan nilai moral yang baik dan tidak melupakan budaya buton. Dr. Sumiman Udu, S.Pd., M.Hum berharap agar nantinya konsep PO 5 dapat dituangkan dalam mata kuliah Institusi pada program mata kuliah kebutonan.

Pada Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Kepualauan Buton (YAPIK-Buton) H. Ibrahim Marsela MM. Ketua YAPIK-Buton mengungkapkan bahwa Universitas Muslim Buton telah menerapkan Kebijakan Kampus Merdeka pada Tahun Akademik 2020/2021. Sehingga Setiap Mahasiswa dapat mengambil program mata kuliah di Universitas lain dan dapat melakukan kegiatan pengabdian dan pelatihan di desa maupun industri pada semester empat sampai semester lima. Kebijakan kampus merdeka tersebut dapat menambah wawasan maupun keahlian mahasiswa di bidang yang diminati. Sehingga dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai di lingkungan masyarakat dan dunia kerja.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, Calon Mahasiswa (i) dapat menyiapkan beberapa file softcopy untuk proses kelancaran pendaftaran, file softcopy yang disiapkan, berupa :

  1. KTP/KK (Salah Satunya)
  2. Pas Foto (ukuran bebas)
  3. Ijazah Terakhir (Bisa Menyusul)

File softcopy tersebut  dapat dibuat dalam bentuk JPG/JPEG atau PNG dengan ukuran maksimal 2 MB, lalu Upload file tersebut ke formulir pendaftaran. Proses pendaftaran tidak dikenakan biaya.

Daftar Gelombang Pertama

Tahun Akademik 2020/2021