Rektor Dr. H. Sujiton Luncurkan Program Rumah Klinik Entrepreneur UMU Buton

Siaran Pers UMU Buton, 20 Mei 2023

Rektor UMU Buton meluncurkan program Rumah Klinik Entrepreneur UMU Buton, (20/5). Program ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan minat mahasiswa UMU Buton terhadap kegiatan wirausaha. Program ini berupa pelatihan, pendanaan pengembangan usaha, coaching dan menitoring, serta hasilnya dapat dikonversi menjadi satuan kredit semester (SKS).

“Program tersebut didesain untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan mahasiswa dalam mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan bisnis, baik yang dilakukan secara mandiri atau mengikuti program kewirausahaan yang ditawarkan berbagai institusi,” kata Ridwan M.Si, Wakil Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UMU Buton.Selain itu, lanjutnya, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan untuk mendesain produk atau jasa yang inovatif dan mampu membangun jejaring dan kerja sama bisnis yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Dr. Sujiton  mengatakan bahwa Rumah Klinik Entrepreneur UMU Buton  merupakan sebuah tren yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan di pedesaan. Salah satu program Rumah Klinik Entrepreneur UMU Buton  yang dikembangkan oleh UMU Buton adalah One Village One CEO.


“Ini merupakan program untuk mendorong mahasiswa UMU Buton,  Para mahasiswa diminta untuk ke desa, konsolidasi dengan para BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Para mahasiswa ini juga melakukan pendampingan teknologi, karena teknologi membuka akses pasar. Kemudian bisa memasukkan produk-produk masyarakat ke pasar modern,” jelasnya.

Menurut Dr. Sujiton, hadirnya program Rumah Klinik Entrepreneur UMU Buton  yang memberikan dampak terhadap masyarakat dapat membangun optimisme masyarakat desa. Menurutnya, perguruan tinggi melalui mahasiswa menjadi sumber inspirasi dan masyarakat menjadi semakin percaya diri untuk bergerak ke depan.

Dalam praktiknya, ucap Dr. Sujiton, Rumah Klinik Entrepreneur  membutuhkan dua hal. Yakni jiwa sosial dan kewirausahaan. “Jadi, semangat pengabdian yang ada ini harus didorong, semangat kewirausahaan juga harus didorong,” ujar Rektor UMU Buton ini.
Ia yakin bahwa adanya program Rumah Klinik Entrepreneur  akan menghadirkan mahasiswa-mahasiswa UMU Buton di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Mahasiswa UMU Buton hadir untuk menyelesaikan berbagai persoalan dengan model-model bisnis yang dikembangkan untuk kepentingan sosial.

Editor;

Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?