UMU Buton Dorong Generasi Muda Berwirausaha Melalui Program Entrepreneur University

UMU  Online- Dalam rangka mengakselerasi pengembangan kewirausahaan Regional Kepulauan Buton dan pencapaian rasio kewirausahaan dari total jumlah penduduk, UMU Buton meluncurkan program Entrepreneur wanted (EW) sebagai wadah sharing goals yang memfasilitasi konsultasi bisnis dan pendampingan usaha bagi wirausaha di sektor agrobisnis, kriya, jasa, dan teknologi.

Direktur Indonesia Buton Institute (IBI UMU Buton) Muhamad Filtar, Rabu (31/5), mengatakan saat ini sejumlah Mahasswa UMU Buton telah mengikuti kegiatan entrepreneur wanted guna menciptakan  wirausaha Tangguh sejak masih kuliah dan diharapkan kedepan mereka menjadi pencipta lapangan kerja ditengah-tengah masyarakat

“UMU Buton melalu Direktorat IBI erus melakukan evolusi program yang awalnya berupa sharing knowledge berupa pelatihan-pelatihan menjadi sharing goals untuk pencapaian target jangka pendek wirausaha untuk scale up dan perbaikan tata kelola perusahaan” ucap Muhammad Filtar.

Grand Opening Entrepreneur wanted Melalui Konsultasi Bisnis 2023 diselenggarakan secara berkesinambungan, dibuka secara resmi oleh Rektor UMU Buton dengan dihadiri para peserta Entrepreneur Wanted, Kepala BI Sultra, Kepala BNI 46 BauBau,  Kepala BRI Bauubau dan Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kota BauBau.

Peserta Entrepreneur Wanted  melalui Konsultasi Bisnis ditetapkan mahasiswa, Dosen, Tendik, UMKM, dimana peserta mengisi hal-hal terkait eksistensi usaha, bisnis model, laporan laba rugi, rencana strategi bisnis, dan kontribusi bisnis pada Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kegiatan Entreprenuer wanted  rutin diselenggarakan melalui konsultasi bisnis melibatkan pelaku bisnis sukses dibidangnya  yang semuanya adalah praktisi bisnis di sektor agrobisnis, jasa dan teknologi, serta kriya,” ucap Muhamad Filtar.

Program ini melibatkan pelaku Bisnis yang berperan sebagai value orchestrator untuk mengobservasi, memetakan, dan menghubungkan permasalahan ke IBI maupun ekosistem yang telah terbangun.

Adapun tahapan kegiatan Entreprenuer Wanted Melalui Konsultasi Bisnis meliputi pembahasan tematik dan konsultasi online, growth sprint untuk mencapai target pertumbuhan jangka pendek, offline consultation, dan networking untuk membantu akselerasi bisnis wirausaha pemula mahasiswa.

Direktur IBI UMU Buton terus membangun kreatifitas dan terutama Inovasi berdikari memberikan pemahaman mengenai founder dan entrepreneur mindset, yang terdiri dari beberapa aspek yaitu motif, keterampilan, sikap, perilaku, dan pengetahuan. Selain itu, komitmen untuk pengembangan produk dan pelayanan dengan orientasi kepada pelanggan yang harus terus ditingkatkan.

“Dalam berwirausaha harus pandai melihat peluang, agar mampu sustain atau bertahan dalam jangka waktu lama serta mampu mendominasi pasar. Selain itu, dalam membangun super tim disuatu usaha diperlukan adanya komunikasi yang baik, dan penerapan SOP,” ujar Muh Filtar.

Penulis,

Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?