Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Muslim Buton

UMU Online Setelah pada Januari tahun 2022 lalu Program Studi (Prodi) S1 Peternakan melakukan submit borang akreditasi melalui laman BAN-PT (https://sapto.banpt.or.id), tahun 2023 ini baru dilakukan asesmen lapangan. Asesmen lapangan dilaksanakan secara luring di aula pertemuan UMU Buton pada Minggu– Selasa, 16 – 18 Juli 2023.

Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi S1 peternakan ini dilakukan oleh 2 Asesor dari BAN-PT, yakni Dr. Ir. Firda Arlina, M.Si dari Universitas Andalas, dan Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi,MS.IPU.Asan.Eng dari Universitas Brawijaya. Segenap civitas akademika Fakultas Peternakan, khususnya tim akreditasi Prodi Peternakan telah menyiapkan data-data yang dibutuhkan sekaligus menghadirkan beberapa stakeholder terkait, baik dari pihak Universitas Muslim Buton, mahasiswa, dosen serta mitra kerja sama. Asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan program studi sebagai dasar dalam penilaian akreditasi program studi serta untuk menjamin proses akreditasi program studi.

Pada hari pertama, kedua asesor mempertanyakan sekaligus mengkonfirmasi kepada pihak Unit pengelola program studi dan program studi terkait kesesuaian data yang ada di LED (Laporan Evaluasi Diri) dan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) yang sebelumnya telah disubmit. Acara dibuka pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Selama proses tersebut, pihak asesor memberikan saran dan masukan untuk dilengkapi segera mungkin agar bisa dilakukan perbaikan dalam proses penilaian.

Pada hari kedua, asesmen lapangan diisi dengan wawancara terhadap para dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selanjutnya asesor memberikan arahan dan rekomendasi untuk pemberkasan hasil verifikasi serta memberikan umpan balik dan berita acara dari seluruh rangkaian kegiatan asesmen lapangan yang telah berlangsung selama dua hari ini. Terakhir, penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke perguruan tinggi.

Editor

Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?