Sapa Siswa SMA Negeri 1 BauBau, UMU Buton Jamin Mutu Pendidikan dan Fasilitas untuk Mahasiswa

UMU Online-Dalam rangka memperkenalkan UMU Buton di sekolah-sekolah, Universitas Muslim Buton (UMU) Buton menyelenggarakan acara yang bertajuk “Sapa Siswa SMA” dalam upaya memperkenalkan dan menjalin kerja sama. Acara tersebut berlangsung di Pelataran SMA Negeri 1 BauBau, pada hari Senin (17/07/23) yang dihadiri Dewan guru dan siswa SMA Negeri 1 BauBau.

Acara ini diadakan dalam bentuk kemasan saling memberi masukan, saran terkait penerimaan mahasiswa baru, sehingga kerja sama dapat dibangun dengan baik sesuai harapan kita bersama,” ungkap Muh. Ikhsan selaku Plh Kepala Kantor Kerjasama dan Promosi UMU Buton serta moderator dalam acara tersebut.

Narasumber pada acara tersebut adalah Dr. H Sujiton, MM., selaku Rektor UMU Buton, Ridwan M.Si selaku WR 1 dan Non Abdi, M.Pd sebagai Kepala Kantor Administrasi dan Akademik.

Dalam mendukung pendidikan di wilayah Kepulauan Buton Universitas Muslim Buton dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) walaupun sebagai perguruan tinggi yang relative mudah, namun memiliki sejumlah alternatif pilihan baik dari segi beasiswa maupun jalur masuk perguruan tinggi.

Perekrutan Mahasiswa Baru dalam tahu ajaran 2023-2024 terbagi dua yakni melalui tes secara langusung di UMU Buton maupun online dari rumah, di dalam proses penerimaan tersebut kami menawarkan beberapa beasiswa yang bisa diraih oleh mahasiswa seperti bebas SPP Tetap,” ungkap Muh Ikhsan, MP

Dari program tes masuk ke UMU Buton serta tawaran beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa maupun mahasiswa tentu sebagai wujud kepedulian dan dukungan Yayasan dan perguruan tinggi. Strtegi ini dipilih oleh universitas Muslim Buton untuk membangun komitmen pada mahasiswa dalam proses perkuliahan melalui ketentuan yang perlu diperhatikan.

Selain dukungan beasiswa, UMU Buton terus melakukan penyempurnaan fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakat salah satunya kami sudah membangun Entrpreneur Center di dalamnya termasuk ruang kemahasiswaan, café dan ruang diskusi” jelas Muhamad Ikhsan.

Sebagai wujud nyata pengadaan fasilitas kepada mahasiwa untuk perkuliahan adalah terus membenahi fasilitas belajar dalam menciptakan kenyamanan. Tentunya selama berkuliah di UMU Buton mahasiswa hanya memberikan pembayaran dalam bentuk SPP dan tidak dibebankan pengembalian terhadap fasilitas.

Universitas Muslim Buton terus berkomitmen apa yang telah dibayarkan oleh mahasiswa akan kami kembalikan lagi melalui fasilitas serta mewujudkan pengalaman kuliah, ungkap Muhamad Ikhsan.

Berkaitan dengan SPP di UMU Buton, orang tua dan mahasiswa tidak perlu khawatir akan terjadi kenaikan secara tiba-tiba dan di kemas serendah-rendahnya. Pembayaran uang SPP akan selalu sama jumlahnya dari awal mahasiswa masuk sampai wisuda.

Universitas berkomitmen bahwa selama empat tahun masa studi tidak akan ada kenaikan SPP sehingga kami berharap mahasiswa dapat lulus dengan tepat waktu serta para lulusan akan dimudahkan mencari kerja melalui pengembangan hard skill dan soft skill mahasiswa terutama melalui program kelas inspirasi setiap hari kamis yang dikelola oleh direktorat IBI UMU Buton ungkap Muhamad Ikhsan.

Tak hanya memiliki fokus pada proses perkuliahan secara akademik, UMU Buton juga dapat memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa. Pengalaman bekerja dapat diperoleh melalui implementasi program masing-masing divisi direktorat Indonesia buton institute. Hal ini menjadi salah satu keunggulan bagi mahasiswa dalam menyiapkan diri ke dunia kerja.

Menjadi Entrepeneur Center adalah salah satu keunggulan untuk menyiapkan mahasiswa ke dunia kerja, mengikuti program yang dicanangkan IBI UMU Buton memiliki waktu yang fleksibel mengikuti jadwal perkuliahan sehingga tidak perlu takut akan urusan presensi, Ungkap Muhamad Ikhsan.

UMU Buton dalam mendukung kebijakan Kampus Merdeka, mahasiswa dapat melakukan perkuliahan lintas prodi ataupun di universitas lain. Seperti contoh mahasiswa Administrasi pemerintahan daerah yang berminat pada keterampilan manajemen maka mahasiwa dapat berkuliah di prodi manajemen.

Mahasiswa dimungkinkan dapat mengambil kuliah lintas prodi, tujuannya agar dapat memenuhi tantangan di masa depan,” ungkap Muh Ikhsan.

Terkait kegiatan merdeka belajar, UMU Buton juga mendukung program magang bersertifikat serta melakukan pertukaran mahasiswa dalam negeri. Seperti adanya pertukaran mahasiswa ke daerah jawa dan lainnya.

Editor, 

Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?