UMU Buton, Arisan Gagasan dan Ide Bidang MBKM, Kemahasiswaan dan Keuangan

UMU Online-Universitas Muslim Buton terus menggelar bincang akademik dan non akademik dalam rangka mensinergikan upaya-upaya peningkatan tugas akademik dan non akademik yang makin hari makin rumit dan kompleks, dan membutuhkan kerja-kerja kolaborasi diantara civitas akademik UMU Buton.

Kali ini ketua Yayasan Pendidikan Indonesia kepulauan Buton Ibrahim Marsela, lebih dalam membahas tentang kebijakan keuangan UMU Buton berdasarkan pemetaan keuangan yang bersumber dari SPP mahasiswa guna menunjang tugas-tugas operasional di bidang tridharma dan managemen penyelenggaraan Universitas Muslim Buton.

Disamping itu dibahas tentang kebijakan MBKM versi Universitas Muslim Buton, guna mempersiapkkan SDM mahasiswa yang berdaya saing unggul setelah tamat dari UMU Buton. Menyangkut kemahasiswaan dibawas bersama strategi mengembangkan soft skill mahasiswa melalui penguatan pada bidang kemampuan komunikasi, kemampuan problem solving, kemampuan membangun team kuat (kolaborasi) serta membentuk integritas mahasiswa.

Rapat melahirkan beberapa rekomendasi untuk menjadi perhatian Lembaga atau pihak terkait untuk ditindaklanjuti sebagai berikut:

  1. Dalam waktu tidak lama segera melaksanakan Workshop pemutahiran, peninjauan dan pengembangan Kurikulum Universitas Mslim Buton.

  2. Kurikulum yang ada banyak hal yang tidak relevan dengan dinamika dan tuntutan perubahan era ini, sehingga perlu segera dilakukakan pemutahiran.

  3. Adanya peraturan yang lebih fleksibel, yang menyerahkan kepada perguruan tinggi masing-masing mendesign kurikulum berdasarkan kondisi wilayah dan kebutuhan DUDI

  4. PPL bagi mahasiswa FKIP akan diintegrasikan dalam kegiatan KSM mengajar didesa, sementara Ps lainnya dapat memilih beberapa menu disiapkan diantaranya KSM wirausaha dlm rangka implementasi Entrepreneur University.

  5. Sistim pelayanan kepada mahasiswa, baik dari aspek pelayanan yang tepat dan nyaman, perbaikan jadwal perkuliahan, materi perkuliahan, kesesuaian bimbingan akademik dll agar dapat diantisipasi mahasiswa yang hijrah ketempat lain.

  6. Pemetaan Keuangan secepatnya akan dituntaskan berdasarkan jejak digital pada BRI Baubau dan Bank Mandiri Baubau serta slip penyetoran yang terdokumentasi pada staf keuangan, termasuk mekanisme pelaporan akan diatur kemudian sehingga kondisi keuangan dapat secara transparant pengelolaanya. Diharapkan dosen FEB dapat membantu memetakan dlm waktu telah ditentukan.

  7. Biro Akademik dibantu Fakultas dan Prodi-prodi lingkup UMU Buton segera menetapkan data ril mahasiswa aktif di UMU Buton

Editor,

Kantor Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?