UMU Buton Kembangkan “LMS” dalam Pembelajaran

UMU Online. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Muslim Buton Muh Ridwan, SSi, MSc, membuka kegiatan Workshop Penggunaan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle Bagi Mahasiswa di Universitas Muslim Buton 2023, Senin (2/10/2023) di Aula Universitas Muslim Buton.

Pada kesempatan itu, Muh Ridwan, menyampaikan “LMS ini tentunya dapat mempermudah aktifitas akademik melalui fungsi manajemen pembelajaran secara e-learning yang menyediakan cara dan metode bagi mahasiswa UMU Buton untuk membuat dan menyampaikan konten, memantau partisipasi dan kinerja dosen. Sehingga kegiatan belajar mengajarpun dapat dilakukan dengan efisien dan produktif.”

“LMS merupakan pemanfaatan aplikasi perangkat lunak atau teknologi berbasis web yang digunakan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran tertentu. Apalagi pasca pandemi lalu, terjadi perubahan dalam proses belajar mengajar di Kampus. Mahasiswa dan dosen dalam melakukan aktifitas akademik cenderung kerap dilakukan secara daring (dalam jaringan-red) melalui applikasi tertentu,” jelas Muh Ridwan ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Unit Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) UMU Buton, Muh Firman Syah, menyampaikan penggunaan LMS berbasis moodle bagi mahasiswa dan dosen di UMU Buton ini, tentunya akan dapat mempermudah akses dalam aktifitas akademik, efisiensi, optimalisasi dan sebagainya. “Dari mana pun dan di mana pun selama pengguna terhubung dengan internet aktifitas akademik dapat dilakukan.”

“Dosen dapat melakukan analisa efektifitas pembelajaran, karena berbasis komputer LMS memiliki data yang lebih valid dibandingkan menganalisis kinerja belajar mahasiswa dan dosen secara tatap muka. Selain itu, dosen dapat mengatur materi pembelajaran, karena dosen bisa menyediakan materi pembelajaran secara terstruktur sehingga mudah diakses oleh peserta didiknya. Selain itu, melalui metode dan alat bantu pembelajaran yang lebih bervariatif, dosen dapat menyediakan alat bantu belajar mulai dari teks, suara, gambar, video, hingga animasi agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan,” jelas ketua Badan Penyelenggara UMU Buton Ibrahim Marsela.

Peserta Workshop ini, diikuti oleh Mahasiswa terutama MABA yang ada di lingkungan UMU Buton. Pemahaman materi tentang LMS Berbasis Moodle Bagi Mahasiswa di Universitas Muslim Buton ini, juga bertujuan agar dosen dan mahasiswa dapat mengatur jadwal belajar mereka sendiri, membantu interaksi yang lebih efektif dibandingkan dengan tatap muka, karena interaksi melalui moodle ini masing-masing peserta didik dan dosen dapat lebih personal dan mengetahui perkembangan secara signifikan dari hasil analitik yang diberikan. Selain itu, juga dapat membantu dokumentasi materi dan konten pembelajaran, karena berbasis komputer, sehingga dapat membantu menyimpan semua materi pembelajaran mereka dengan lebih rapi

Salah satu program pembelajaran yang diselenggarakan di UMU Buton untuk mengakomodasi para calon mahasiswa lulusan SMA, SMK, atau yang sederajat, maupun kalangan professional atau sudah bekerja untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Program ini adalah blended learning diselenggarakan secara terjadwal dan terstruktur memadukan tatap muka langsung dan tidak langsung (online). Pembelajaran ini menggunakan LMS (Learning Management System) secara online sehingga memiliki fleksibilitas waktu dan tempat karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Program pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan Student Centered LearningSmall Group DiscussionProject BasedCollaborative, dan Problem Based Learning dan tahapan pembelajaran dalam satu semester dilakukan secara mandiri (self learning). Skema pembiayaan studi mahasiswa pada kelas ini adalah paket dengan besaran yang tetap untuk setiap semesternya. Masa studi mahasiswa Kelas Blended Learning dapat dicapai dalam waktu paling cepat 4 tahun dan paling lama 7 tahun dengan pengaturan rencana studi secara paket untuk memastikan mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Seleksi penerimaan calon mahasiswa meliputi Seleksi Administratif, Tes Potensi Akademik, dan Tes Self Learning, Ujar Ibrahim Marsela,

Editor, Kantor Humas UMU ButonMuh Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?