UMU Buton Meluncurkan Program Penguatan Soft Skill Mahasiswa: Membentuk Alumni yang Unggul dengan Kompetensi yang kompetitif.

UMU Online- Hari Minggu, 3 Desember 2023 Universitas Muslim Buton  menyelenggarakan Launching atau peluncuran program Mata Kuliah OKK (Organisasi Kegiatan Kemahasiswaan) hasil revitalisasi Kurikulum UMU Buton menghadapi tuntutan kebutuhan abad 20-21, yang bertujuan untuk memberikan penguatan signifikan pada soft skill mahasiswa. Program ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis yang kuat, tetapi juga mengembangkan keterampilan soft skill (Integritas, Komunikasi, Kemampuan memecahkan masalah, kemampuan membangun team work, Kemampuan beradaptasi, Kedisiplinan, kreativitas dan inovasi dll)  yang sangat dihargai di dunia profesional.

 

Program penguatan soft skill ini merupakan langkah proaktif dari Universitas Muslim Buton

dalam menghadapi tuntutan pasar kerja yang terus berkembang. Sejalan dengan visi Universitas Muslim Buton untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga siap secara profesional, program ini mencakup serangkaian kegiatan dan Workshop yang dirancang khusus untuk mengembangkan berbagai aspek soft skill.

Ungkap, Ibrahim Marsela selaku ketua Badan Penyelenggara Universitas Muslim Buton melalui mata kuliah OKK terus akan berkotribusi pada penyiapan SDM siap pakai, dengan alumni yang menjadi beban baru Pembangunan daerah atau Nasional dengan mengembangkan beberapa Fitur Utama Program:

Pelatihan dalam membangun komunikasi efektif, dimana Mahasiswa UMU Buton akan mendapatkan pelatihan intensif dalam komunikasi verbal dan tertulis, termasuk presentasi publik, negosiasi, dan penyusunan laporan yang efektif, ungakapnya.

Selain itu focus UMU Buton terus mendorong seluruh civitas akademik mengembangkan wawasan, pengetahuan dan  Keterampilan Kepemimpinan, Program ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, proyek kelompok, dan pelatihan kepemimpinan.

Lanjut Ibrahim marsela dalam kuliah umum tersebut dihadapan organisasi kemahasiswaan UMU Buton bahwa selain yang disebutkan diatas, tema menarik perlu menjadi perhatian khusus adalan Workshop  Problem Solving, dalam worshop kemampuan memecahkan masalah, mahasiswa akan dilibatkan dalam situasi simulasi dan studi kasus untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka, membantu mereka menghadapi tantangan dunia nyata.

Disisi lain kata ketua badan penyelenggara UMU Buton sebagai pemateri kuliah umum ini mengatakan bahwa, Workshop Keterampilan Tim (kolaborasi) salah satu soft skill terus akan menjadi perahatian khusus civitas akademik UMU Buton, dimana keterampilan bekerja dalam tim adalah kunci keberhasilan di tempat kerja. Workshop ini akan memberikan pandangan mendalam tentang kolaborasi tim yang efektif dan pengelolaan konflik ungkap, Ibrahim marsela.

Mentoring dan Pembimbingan Karir, Setiap mahasiswa UMU Buton akan mendapatkan dukungan mentoring dan pembimbingan karir untuk membimbing mereka dalam mengidentifikasi tujuan karir, merencanakan langkah-langkah menuju kesuksesan, dan mengembangkan jaringan profesional.

Aliyaman, SP,MP Dosen UMU Buton sebagai salah satu nara sumber dalam kuliah umum tersebut mengatakan, bahwa Soft skill yang kuat adalah aset berharga di dunia profesional yang sangat kompetitif saat ini. Universitas Muslim Buton terus berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pendidikan akademis yang berkualitas tetapi juga untuk mempersiapkan mahasiswa kami dengan keterampilan lunak yang diperlukan untuk sukses di masa depan.ungkap Aliyaman.

Program penguatan soft skill ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang signifikan pada pengalaman belajar mahasiswa dan membantu mereka menjadi individu yang lebih lengkap dan siap berkontribusi dalam masyarakat dan dunia kerja.

 

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah.

Bagikan