2024, UMU Buton Dirikan Gedung Baru di KM 2

UMU ONLINE:  Baubau, 30 Desember 2023 Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton sekaligus Pendiri UMU Buton Ibrahim Marsela menyebutkan pembangunan infrastukrur Universitas Muslim Buton akan dimulai tahun 2024. Pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 1 Hektar di Kilometer 2 Kecamatan Wolio Kota Baubau yang lebih representative menunjang kegiatan akademik Mahasiswa selama masa perkuliahan. “Dari segi Infrastuktur, kita mempersiapkan lahan  1 hektare di KM 2. Insha Allah tahun depan sudah di bangun dengan representative,”ungkapnya disela-sela kegitan wisuda akhir pekan lalu.

Kata Ibrahim,  di  Kecamatan Sorawolio pihaknya menyiapkan lahan seluas 5 hektar  untuk  mengembangan  pertanian terpadu. Diharapkan didalanmya terdapat laboratorium pertanian di wilayah Kepualauan Buton (Kepton). Disamping itu, UMU Buton  akan mendirikan pondok Pesantren yang orientasinya untuk pendidikan Mahasiswa sebelum duduk di bangku Perkuliahan. “Mahasiwa UMU sebelum  masuk ruang kelas akan mengikuti pendidikan 1 sampai 2 bulan sebelum masuk ke bangku kuliah,”tambahnya. Sejauh ini kegiatan perkuliahan UMU Buton masih menggunakan gedung lama di Jalan Betoambari.

Kampus yang berdiri tahun 2019 ini menyediakan empat Program Studi masing –masing Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Program Studi (Prodi) Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Geografi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Ilmu Pertanian (Faperta) dengan tiga   program studi Agribisnis, Agroteknologi dan Peternakan. Selanjutnya, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) terdiri dari Prodi Perdagangan Internasional dan Bisnin, Kewirausahaan dan Prodi Manajemen ritel. Terakhir Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Hukum (FIPH) terdiri dari Prodi Administrasi Pemerintahan Daerah dan Prodi Peradilan Pidana.

Editor, Kantor HUMAS UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan
× How can I help you?