Koordinasi Antara PTS ( UMU Buton dan Universitas Handayani): Membangun Ekosistem Akademik yang Berkelanjutan

UMU Online- Makassar, Senin 18 Maret 2024 Ketua Badan Penyelenggara UMU Buton H. Ibrahim Marsela menyapa Rektor dan Direktur Pasca sarjana Universitas Handayani Makassar  dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan memperkuat ekosistem akademik yang berkelanjutan antara Universitas Muslim Buton dan Universitas Handayani Makassar, sejumlah perguruan tinggi ternama dilingkungan LL Dikti Wilayah IX SultasBatara telah bergabung dalam sebuah kolaborasi yang menandai langkah maju dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Kolaborasi ini melibatkan beberapa institusi pendidikan unggulan di Wilayah LL Bikti IX, yang terdiri dari UMU Buton, UMMA Maros, ITB Nobel, Universitas Saweri Gading Makassar, UNUSTRA, Universitas Sulawesi Tenggara dan Universitas Mandala waluyo Kendari. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, meningkatkan daya saing global, serta menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era globalisasi.

Salah satu tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk menciptakan ekosistem akademik yang berkelanjutan, di mana perguruan tinggi saling mendukung dan berbagi sumber daya, pengalaman, dan pengetahuan. Dengan demikian, langkah-langkah konkret yang diambil termasuk:

Pembentukan Jaringan Kolaboratif,  Perguruan tinggi terlibat dalam kolaborasi ini akan membentuk jaringan yang kuat, memfasilitasi pertukaran ide, riset, dan praktik terbaik dalam pendidikan tinggi.

Pengembangan Kurikulum Bersama,  Melalui kolaborasi ini, para akademisi dari berbagai institusi akan bekerja sama dalam merancang kurikulum yang relevan dengan tuntutan pasar kerja dan perkembangan industri.

Program Pertukaran Mahasiswa dan Dosen,  Kolaborasi ini akan memfasilitasi program pertukaran mahasiswa dan dosen antar perguruan tinggi anggota, memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pengalaman belajar dan mengajar di lingkungan akademik yang berbeda.

Pengembangan Riset Bersama, Kolaborasi ini akan mendorong kolaborasi dalam penelitian lintas disiplin dan penyelesaian masalah-masalah kompleks yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Pengembangan Inovasi Pendidikan,  Melalui kerjasama ini, perguruan tinggi akan berupaya untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam pendidikan tinggi, termasuk penggunaan teknologi pendidikan yang canggih.

Dalam sebuah pernyataan bersama, para pemimpin perguruan tinggi yang terlibat menyatakan komitmennya untuk bekerja sama demi meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah LL Dikti IX. Kita ingin menegaskan pentingnya kolaborasi lintas institusi dalam menghadapi tantangan-tantangan yang kompleks dalam dunia pendidikan.

Kolaborasi antar perguruan tinggi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya di Indonesia, tentang bagaimana kerjasama antar institusi dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam bidang pendidikan tinggi.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan