Kegiatan Syiar Agama Menyambut Bulan Ramadan UMU Buton hari Ke 3, Menginspirasi Spiritualitas dan Kebajikan

UMU Online-Baubau tanggal 21 Maret 2024 UMU Buton dalam semangat mempererat tali persaudaraan dan memperkokoh spiritualitas civitas Akademik UMU Buton, menyambut bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan syiar agama yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam secara lebih mendalam dikalangan komunitas dan civitas akademik UMU Buton.

Kegiatan syiar agama ini diinisiasi oleh Lembaga Pengkajian Agama dan Nilai Islam Aswaja Universitas Muslim Buton, dengan dukungan penuh dari ketua badan Penyelenggara UMU Buton dan Rektor UMU Buton. Tujuan utamanya adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan dan moralitas di tengah-tengah civitas akademik UMU Buton, serta menciptakan suasana yang lebih damai dan harmonis di bulan suci Ramadan.

Salah satu penggiat kegiatan ini, Bapak Ustaz Amsir MAg, menjelaskan, “Kegiatan syiar agama ini bukan hanya sekedar ritual, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari komitmen UMU Buton untuk meningkatkan pemahaman akan ajaran agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam pergaulan lingkungan Masyarakat kampus. Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merenungkan dan memperbaiki diri.

Kegiatan syiar agama ini akan serangkaian acara, seperti ceramah keagamaan, kajian tafsir Al-Quran, tausiyah, dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Selain itu, ada pula kegiatan-kegiatan yang lebih kreatif, seperti lomba-lomba perlombaan adzan, dan pertunjukan seni yang bernuansa religius.

Menyikapi penyelenggaraan kegiatan syiar agama ini, Baik ┬áKetua Badan Penyelenggara UMU Buton dan rector UMU Buton, menyatakan, “Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan syiar agama yang bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan umat khususnya dilingkungan Kampus UMU Buton, serta meningkatkan spiritualitas dalam kehidupan bermasyarakat. Saya mengajak seluruh elemen UMU Buton untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan menjadikan bulan Ramadan sebagai momen untuk meraih berkah dan keberkahan.

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat bagi umat beragama untuk merefleksikan diri, meningkatkan ketaqwaan, dan berbuat kebaikan kepada sesama. Dengan terselenggaranya kegiatan syiar agama Universitas Muslim Buton, diharapkan masyarakat dapat lebih menghayati makna Ramadan dan menjadikannya sebagai momentum untuk memperbaiki diri serta memperkuat hubungan dengan Sang Pencipta dan sesama umat.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Bagikan