Mahasiswa KSM UMU Buton di BPP Betoambari, Sukses Mengembangkan Tanaman Cabai Kristal Organik

UMU Online– Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi UMU Buton yang mendapat mandat bertugas di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertaniam kecamatan Betoambari Baubau  (BPP), telah berhasil mengembangkan tanaman cabai kristal organik dengan prestasi yang mengesankan. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mahasiswa KSM UMU Buton, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Dalam program KSM yang dilaksanakan di wilayah kecamatan Betoambari (BPP), mahasiswa program studi  Agroteknologi dan Ps Agribisnis Faperta Universitas Muslim Buton  telah menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan inovasi pertanian yang berkelanjutan. Dengan bimbingan dari para dosen yang berpengalaman di BPP, mereka berhasil mencapai pencapaian yang membanggakan.

Dalam penelitian mereka, mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi berhasil mengembangkan teknik budidaya tanaman cabai kristal secara organik. Tanaman ini terkenal karena kualitasnya yang superior dalam hal rasa dan aroma. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pertanian organik, mahasiswa berhasil memperoleh hasil panen yang berkualitas tinggi tanpa menggunakan bahan kimia sintetis yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Selain itu, keberhasilan mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi Faperta UMU Buton  dalam mengembangkan tanaman cabai kristal organik ini juga memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal. Hasil panen yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan ini menarik minat pasar yang lebih luas, yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Dalam sebuah wawancara, dengan peserta Kandidat sarjana Mengabdi, salah satu anggota tim KSM, menyatakan, “Kami merasa sangat bangga dapat berkontribusi pada pengembangan pertanian organik di wilayah Kecamatan Betoambari. Melalui kolaborasi dengan petani lokal dan dukungan dari BPP, kami berhasil menerapkan praktik pertanian yang ramah lingkungan dan menghasilkan produk berkualitas tinggi.”

Sementara itu, Bapak Ikhsan SP.,MP dan Pak Harlin SP.,MP selaku dosen Pembina Lapangan, yang merupakan pembimbing dari proyek ini, menambahkan, “Prestasi mahasiswa dalam mengembangkan tanaman cabai kristal organik adalah bukti nyata dari potensi dan dedikasi generasi muda dalam memajukan sektor pertanian. Kami berharap hasil penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam mengadopsi praktik pertanian berkelanjutan.”

Keberhasilan proyek ini juga menjadi bukti nyata dari pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan masyarakat dalam mengatasi tantangan pertanian modern. Melalui keterlibatan aktif mahasiswa dalam program KSM, kami berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kemajuan bangsa.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muh Firmsn Syah

Bagikan